Thursday, 10 August 2017

Tips Toyota : Jangan Tunggu Lampu Mati


http://www.toyotaanzon.com

Sudahkan Anda periksa kondisi bohlam lampu mobil Anda?
Perjalanan sehari-hari atau keluar kota membutuhkan persiapan khusus terhadap mobil. Selain servis rutin, ganti oli, ban dan sebagainya, ada satu hal yang kerap terlupakan, yaitu sistem penerangan.

Seperti bagian lainnya, sistem penerangan juga perlu diperiksa, baik saat ingin mengadakan perjalanan jauh maupun pemeriksaan rutin. Tujuan utamanya tentu saja memastikan semua lampu bekerja dengan baik.

Caranya mudah, nyalakan semua lampu baik lampu kecil, lampu utama, lampu kabut serta lampu hazard  dan pastikan semua menyala.

Jangan lupa untuk memainkan lampu jauh untuk memastikan lampu jauhnya juga hidup. Khusus untuk lampu belakang, mintalah seseorang untuk melihat nyala lampu termasuk lampu rem ketiga sembari Anda memainkan pedal rem.


Jika ada lampu yang tidak hidup, biasanya penyebab utama adalah putusnya filamen bohlam. Namun bukan berarti kalau hidup semua lalu tidak ada masalah.

Sebaiknya Anda tetap memeriksa kondisi bohlam. Biasanya bohlam yang umurnya tidak lama lagi akan terlihat berwarna putih atau hitam gosong.


Kalau sudah begini, sebaiknya ganti bohlam meski masih hidup. Cara memeriksanya juga tidak sulit. Berikut langkahnya yang kami terapkan pada Toyota Kijang Innova.
 
Lampu utama
Jika lampu utama Anda sudahbermodel diamond cut,  biasanya lensa lampunya bening tanpa garis-garispengarah cahaya. Sehingga kondisi bohlam dapat dilihat langsung.Perhatikan apakah bohlam masih normal, sudah putih atau hitam.

Namunjika lampu masih bermodel lama dengan lensa bergaris-garis, pemeriksaanharus dilakukan dengan membukanya terlebih dahulu.

Caranya adalah sebagai berikut:

1.Pastikan lampu tidak menyala sebelum Anda bekerja. Suhu lampu yang barusana menyala akan sangat panas, sebaiknya tunggulah untuk beberapawaktu.

2. Cabut soketnya, kalau agak keras biasanya perlu sedikit digoyang-goyangkan.

3. Buka karet penutup batok lampu utama dengan tangan.

4.Perhatikan kait pemegang bohlam halogen. Tekan ujung kait yang yangmenjadi pengunci di batok lampu, lalu geser dan lepaskan.

5.Cabut bohlam perlahan-lahan. Biasakan untuk tidak memegang kaca bohlamhalogen. Sebab minyak dan kotoran dari tangan bisa menyebabkan kacabohlam halogen pecah begitu suhunya tinggi saat dinyalakan.

6. Periksa kondisi bohlam lampu utama ini dan ganti jika perlu. Pasanglah kembali dengan kebalikan urutan langkah membukanya. 

Lampu kecil dan sein depan
Sama seperti lampu utama, jikamemungkinkan, pemeriksaan cukup dilakukan secara visual dari luat.Namun jika tidak mungkin, berikut cara melepasnya.

1. Putarlah soket bohlam berlawanan dengan arah jarum jam dan cabut soket bersama dengan bohlamnya.

2. Periksa keadaan bohlam. Kalau perlu diganti, tekan bohlam ke soketnya dan putar juga berlawanan arah jarum jam.

3. Pasang dengan urutan langkah kebalikan dari melepasnya. 

Lampu belakang
Kijang Innova merupakan salah satu mobil yang mudah melepas bohlam belakangnya. Karena mustahil untuk memeriksa bohlam secara visual dari luar, bohlam harus lebih dahulu di lepas.

1. Buka semua baut yang ada dengan kunci.

2. Cabut lampu perlahan hingga terlepas.

3. Di bagian belakang lampu ada 3 soket bohlam dan bukalah bohlam dengan cara sama seperti lampu sein depan.

4.Khusus untuk lampu rem ada dua filamen, satu yang tipis untuk lampukecil dan satu lagi yang tebal untuk lampu rem. Pastikan keduanya tidakputus.

5. Pasang kembali dengan langkah kebalikannya. 

Lampu kabin
Bohlam lampu kabin harus diperiksa dengan melepas penutupnya. Caranya memang gampang-gampang susah.

1. Jika menggunakan sekrup, bukalah dengan obeng. Tapi umumnya lampu kabin tidak menggunakan sekrup.

Contohnyapada Kijang Innova yang bisa dibuka dengan menekan dua sisi lampudengan tangan dan ditarik. Atau kalau sulit perlu dicungkil gunakanobeng. Hati-hati jangan sampai mika penutupnya pecah.

2.Periksa kondisi bohlam. Kalau perlu diganti, pastikan lampu tidak barusaja menyala. Sebab lampu yang baru menyala sangat panas. Tariklahbohlam dengan tangan.

3. Ganti bohlam lampu kabin sesuai ukuran aslinya. Biasanya tersedia di toko-toko suku cadang atau aksesori.

4.Nyalakan lampu untuk memastikan lampu bekerja sebelum memasang kembalipenutupnya. Sebaiknya Anda tidak mengganti lampu kabin dengan yangberdaya lebih besar. Sebab bisa membuat penutupnya meleleh.

LampuLED seperti yang digunakan pada lampu sein di spion atau lampu remketiga biasanya jarang sekali putus. Jika putus, sebaiknya Anda memintabantuan bengkel untuk menggantinya.

Padamobil lain mungkin ada beberapa cara berbeda untuk melepaskan lampu,khususnya lampu belakang. Tapi semua bisa dipelajari dengan melihat diBuku Pedoman Pemilik Kendaran atau dengan memperhatikan bautpemegangnya. Untuk sedan biasanya penggantian bohlam belakang bisadilakukan melalui bagasi.










sumber:autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.