Monday, 6 March 2017

Tips Toyota : Tips Cara Rawat Wiper Agar Tetap Bekerja Optimal

http://www.toyotaanzon.com

Material utama wiper adalah karet. Elastisitas karet membuat wiper bisa menyeka sempurna mengikuti bentuk kaca depan (windshield) yang terkadang sedikit mengkurva. Inilah tips cara rawat wiper agar tetap bekerja optimal

Material utama wiper adalah karet. Elastisitas karet membuat wiper bisa menyeka sempurna mengikuti bentuk kaca depan (windshield) yang terkadang sedikit mengkurva. Inilah tips cara rawat wiper agar tetap bekerja optimal.

Namun karet juga punya kelemahan. Jika terlalu lama dijemur, ia kan menjadi getas dan pada gilirannya membuat fungsinya sebagai penyeka menjadi terhambat. Air hujan dan kotoran pun tidak bisa disapu dengan sempurna.

“Faktor kerusakan itu akibat mengerasnya karet wiper, hingga menjadi getas dan tidak fleksibel mengikuti bentuk kaca,” kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Departement PT Toyota Astra Motor.

Usia karet wiper terhitung relatif. Jika mobil sering dijemur di tempat terbuka yang panas, maka akan lebih cepat mengeras. Sebaliknya, jika mobil Anda kerap diparkir di garasi atau parkiran tertutup, maka akan lebih lama titik apkirnya.

Meski begitu, cara paling mudah mendeteksi vitalitas karet wiper adalah saat wiper digunakan. Jika air yang ada di kaca depan tidak terseka dengan sempurna, atau muncul garis-garis sisa air, maka karet wiper sudah layak diganti.

Indikasi itu semakin jelas jika saat wiper diaktifkan, muncul derit atau gerak wiper seperti tertahan oleh kotoran. Jika sudah begini, jalan terbaik adalah mengganti karet tersebut dengan yang baru. Karena jika dibiarkan akan menimbulkan goresan pada kaca bahkan merusak motor wiper mengingat motor bekerja lebih berat saat menyeka kaca.

“Untuk merek yang digunakan terserah konsumen untuk memilihnya. Tapi yang terpenting ketika melakukan penggantian karet wiper jenis karet wiper dan ukurannya harus sesuai dengan ukuran wiper yang telah ditetapkan oleh pabrikan mobil tersebut,” tambah Didi.

Salah satu contohnya adalah Toyota Avanza yang menggunakan ukuran karet wiper bagian kanan 20 inci dan kiri 16 inci.






Sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.