Thursday, 2 March 2017

Tips Toyota : Hati-hati Saat Berkendara Melewati Banjir

http://www.toyotaanzon.com

Hujan yang terus melanda Ibu Kota dan kota-kota di Indonesia beberapa hari ini membuat beberapa wilayah terkena banjir. Para pengendara mobil pun terkadang ada yang nekat menerobos genangan air tinggi. Hati-hati saat berkendara melewati banjir bila ingin selamat.

Mobilitas yang tinggi memaksa warga kota untuk nekat melewati banjir. Marketing Communication & Public Relations Head PT Asuransi Astra Buana yang menaungi Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto memberikan tips hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat melewati banjir.

Pastikan Ketinggian Air
Jika memang harus terpaksa menerobos banjir, sebaiknya pastikan dahulu ketinggian air. “Caranya bisa dengan melihat kendaraan yang melewati jalan tersebut, kalo dilihat terasa aman dan jenis kendaraannya serupa maka Anda pun tentu bisa melewatinya,”.

Segera Matikan Mesin
“Jika terjebak banjir dan mobil masih hidup segera matikan mesin mobil. Jika masih memungkinkan, cabut aki dan dorong mobil ke tempat yang lebih aman atau lebih tinggi dari genangan air,”.

Tutup Ujung Knalpot dan Ganjal Dengan Jack Stand
Dirinya pun menambahkan, jika mobil tidak sempat atau tidak bisa dievakuasi saat banjir segera tutup ujung knalpot. “Langkah berikutnya jika memungkinkan cabut aki dan dongkrak mobil kemudian ganjal dengan jack stand,” .

Jangan Langsung Nyalakan Mesin
Jika mobil Anda terendam dan banjir surut, sebaiknya jangan langsung menyalakan mobil yang sempat terendam banjir. Dirinya pun menyarankan, “Periksa terlebih dahulu saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, hingga pengapian. Agar lebih aman hubungi teknisi atau asuransi.”






Sumber : autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.