Friday, 24 February 2017

Perawatan Mobil Hybrid Lebih Murah

http://www.toyotaanzon.com


Mobil jenis hybrid memang dibuat agar penggunaan bahan bakarnya bisa lebih efisien. Sehingga biaya operasional pun jadi lebih minim. Lantas apa benar perawatan mobil hybrid lebih murah dari mobil konvensional.

Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge PT Toyota Astra Motor mengatakan kalau perawatan mobil hybrid bisa lebih murah karena beberapa faktor. Pada mobil hybrid, terutama merek Toyota yang dijual di Indonesia sudah menggunakan teknologi full hybrid.

Motor listrik sebisa mungkin difungsikan untuk menggerakkan mobil. Dengan begitu, kinerja mesin konvensional bisa lebih ringan.
 
"Sebenarnya sama saja kalau soal penggantian oli. Tapi, karena mesin konvensional dibantu motor listrik, kerjanya lebih ringan dan durasi perawatan bisa lebih panjang,"
.
Tak hanya itu, contoh lain yang bisa mengurangi biaya perawatan dibanding mobil konvensional yakni soal penggantian kampas rem. "Kalau mobil biasa hanya mengandalkan rem saja. Tapi untuk mobil hybrid, ada regenerative braking yang membuat laju mobil melambat meski tidak direm," .

Hal tersebutlah yang membuat kampas rem jadi lebih awet dibandingkan mobil konvensional. Lalu bagaimana dengan baterai yang digunakan pada mobil hybrid bila rusak?

"Memang belom ada studi soal berapa lama kekuatan umur baterai, tapi rata-rata bisa 6 tahun atau lebih. Tapi bila harus ganti, harganya memang cukup mahal. Mungkin lebih dari Rp 10 juta,".







sumber : autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.