Tuesday, 11 October 2016

Tips Toyota : Cara Periksa Kondisi Aki Secara Berkala

http://www.toyotaanzon.com



Fungsi aki di kendaraan sangat vital. Ritual pengecekan kondisi dan pergantian aki, wajib dilakukan secara berkala. Jangan diabaikan jika tidak ingin menjadi bom waktu. Inilah tips cara periksa kondisi aki secara berkala.
Aki adalah salah satu komponen vital dalam rangkaian kelistrikan mobil. Apalagi di era mobil injeksi yang sangat mengandalkan sensor-sensor sebagai kelengkapan sistemnya. Sensor-sensor itu memerlukan pasokan arus listrik yang sangat stabil.

Banyak mengira bahwa aki adalah komponen penghasil arus listrik. Padahal fungsi sebenarnya, aki adalah penampung dan penyuplai arus ke berbagai komponen kelistrikan.

Jika dapat disederhanakan, fungsi aki layaknya bak penampungan air. Air diibaratkan sebagai arus listrik. Seperti bak, aki juga punya kapasitas.

Kapasitas aki contohnya 12V 50Ah. Artinya, aki menyalurkan arus bertegangan 12V DC dengan kapasitas 50 Ampere perjam.

Arus listrik aki disuplai oleh alternator sebagai pembangkit daya listrik, lalu diatur dan distabilkan oleh regulator untuk kemudian disimpan dalam aki.

Jika diibaratkan bak penampungan air, kelebihan pasokan menyebabkan air meluap, terlalu banyak kebutuhan membuat bak jadi kosong.

Untuk itu, ganti selalu aki dengan spesifikasi standar. Jika kapasitas terlalu kecil, bisa menyebabkan overcharge atau kelebihan pasokan. Akibatnya, sel aki bisa pecah dan berpotensi menyebabkan aki meledak.

Jika terlalu besar, aki rentan tekor karena suplainya tidak mampu mengimbangi daya tampungnya. Untuk mencegah potensi masalah, berikut kami jabarkan berbagai problem seputar aki dan solusinya.


Ciri-ciri Aki Lemah

Seiring berjalannya waktu pemakaian, kondisi dan performa aki mobil akan menurun. Cirinya mulai dari klakson yang tidak berbunyi lantang, lampu sein yang meredup, hingga paling parah mesin mobil tidak bisa di-starter.

“Untuk memastikan kondisi aki yang menurun, bisa menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Jika di bawah 12 Volt, dapat dipastikan kondisi aki mulai melemah,”









sumber : autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.