Wednesday, 27 July 2016

Tips Toyota : Membersihkan Sistem Audio Mobil




Tak ada salahnya menjaga kebersihan sistem audio mobil. Selain demi estetika, langkah ini juga berpengaruh positif pada performa komponen audio seperti head unit, speaker, dan power amplifier. Inilah tips membersihkan sistem audio mobil.
Telah lama kita menggantungkan kenyamanan berkendara pada sistem audio. Sistem audio yang ber operasi lancar dan melantunkan lagu secara sempurna bisa jadi adalah impian sebagian besar pemilik mobil.

Artinya memberi per hatian ekstra agar performa komponen-komponen sistem audio adalah hal yang penting. Komponen seperti head unit, speaker, dan power amplifier harus diperhatikan kondisinya. Dalam hal ini, dari ancaman debu atau kotoran kecil lainnya.

Memang, hampir tidak ada cara untuk mencegah kemunculannya. Bahkan untuk di dalam kabin sekalipun. Namun kita bisa melakukan pembersihan dengan alat serta langkah yang tepat.

Salah satu tempat favorit bercokolnya debu ialah dasbor ken daraan, lokasi head unit terpasang. Sunarto, mekanik dari Tritala Audio yang berlokasi di Jakarta Pusat mengatakan bahwa debu bisa memberi dampak buruk pada head unit.

“Mata optik yang ada di dalam head unit sangat rentan terhadap debu. Debu bisa masuk lewat lubang masuk CD atau kepingan CD yang kotor,” ungkapnya.

Komponen sistem audio lainnya yang tak luput dari serangan debu ialah speaker. Apalagi komponen yang satu ini terletak di pintu. Begitu pintu dibuka, maka kemungkinan menempelnya debu pun kian besar. Juga, power amplifier yang diposisikan di bagasi.
ALAT YANG DIPERLUKAN


Alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan sistem audio tidak berbeda jauh dengan yang biasa digunakan untuk merawat interior lainnya. Alat-alat ini pun tak sulit untuk didapat di supermarket atau toko aksesori.

Pertama, siapkanlah kain microfiber yang akan dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan dengan bidang cukup luas. Kedua, kuas guna menjangkau celah-celah atau sudut sempit. Ketiga, mini blower untuk meniup debu.

Dibutuhkan pula produk disc cleaner yang bakal digunakan untuk membersihkan mata optik. Dan jika memungkinkan, tambah vacum cleaner yang akan ditugaskan untuk menyedot kotoran di power amplifier.



sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.