Wednesday, 8 June 2016

Tips Toyota Cara Membersihkan Ruang Mesin

http://www.toyotaanzon.com

Inilah tips cara membersihkan ruang mesin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena menyangkut sistem kelistrikan dan mekanikal mobil.

Langkah pertama adalah matikan kontak mesin. Kalau perlu cabut kepala aki agar tidak terjadi kontak listrik. “Matikan kontak lalu cabut kuncinya, bila perlu lepaskan koneksi pada aki. Ini perlu untuk menghindari korslet ketika Anda menyiram komponen mesin dengan air,”

Untuk lebih aman, tutuplah semua komponen penting dan komponen yang dapat menghasilkan aliran listrik dengan menggunakan plastik atau foil. Misalnya lubang isap udara, koil, kabel busi, dan sensor koil.

Kemudian siram dengan air di bagian blok mesin atas, blok mesin dan komponen-komponen lainnya seperti boks filter udara atau tangki reservoir.
http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com
Lepas kepala aki guna menghindari korslet Oleskan engine degreaser untuk merontokkan kotoran Pastikan seluruh ruang mesin telah ratakan dengan cairan pembersih
Penting diketahui agar tidak menggunakan air bertekanan agar terhindar dari terjebaknya air di komponen-komponen tersebut.

Pastikan juga Anda mengetahui letak sensor-sensor yang ada di ruang mesin. Sebaiknya hindari bagian itu agar tidak terkena tumbukan sehingga mengganggu ki nerjanya.

Setelah disemprot, gunakan kuas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Jika kotoran tersebut agak sulit dibersihkan, gunakan sikat gigi lembut untuk mendapat efek abrasi yang lebih baik. Namun tetap pastikan agar tidak terlalu kencang menggosoknya.

Setelah itu, baru gunakan cairan engine degreaser untuk mendapatkan hasil bersih yang lebih optimal. Semprotkan dengan tekanan lembut, tujuannya agar tidak terjadi penumpukan cairan busa.
http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com
Ratakan cairan pembersih dengan kuas atau sikat gigi Jangan menyiram ruang mesin dengan air bertekanan tinggi
Diamkan beberapa saat untuk memberi kesempatan cairan itu bereaksi. Idealnya antara 15-20 menit. Setelah itu, gunakan kuas untuk lebih meratakan sekaligus menggosok bagian yang dibersihkan. Dengan begini kotoran lebih mudah rontok. Jika di bagian tersebut ada penumpukan kerak kotoran, maka gunakan sikat gigi agar lebih efektif.

Kemudian bilas dengan air bersih untuk mengangkat semua busa dan kotoran. Jangan menggunakan air bertekanan tinggi karena dapat merusak komponen yang sensitif terhadap air.

Setelah semua terangkat, seka dengan lap bersih agar tidak ada air yang tersisa. Sebaiknya lap per bagian agar lebih detail dan tak ada sisa air yang terlewat.
http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com
Ratakan cairan pembersih dengan kuas atau sikat gigi Sikat pada bagian yang terdapat tumpukan kotoran Seka per bagian yang dibersihkan guna mendapat hasil yang maksimal
Alat yang Digunakan
Menggunakan alat yang tepat adalah faktor penting. Berikut adalah alat-alat yang dapat Anda gunakan selama proses pembersihan ruang me sin.

- Kuas
- Sikat gigi
- Lap bersih
- Engine degreaser

Perhatikan Suhu Mesin
Berhati-hatilah pada hawa panas saat Anda membersihkan ruang mesin. Jika mobil habis digunakan, tunggulah beberapa saat sampai suhu mesin mobil menurun. Hal ini di anjurkan agar Anda tidak terluka terkena hawa panas tersebut.
 

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.