Sunday, 17 January 2016

Inilah Manfaat Ketika Mobil Anda di Masukkan Asuransi

fungsi asuransi syariah, fungsi asuransi mobil, manfaat asuransi mobil,asuransi mobil all risk,jenis asuransi mobil,asuransi mobil yang bagus,asuransi mobil murah,premi asuransi mobil
Indonesia dihadapkan pada aksi terorisme yang mengganggu aktivitas masyarakat Jakarta khususnya. Harta benda tak luput dari serangan, salah satunya adalah mobil. Kerugian yang menyebabkan mobil mengalami kerusakan tersebut sudah pasti akan berefek kepada timbulnya pengeluaran tak terduga dari pemilik mobil. Lantas, apakah asuransi melindung mobil dari huru-hara?

Perusahaan asuransi memiliki beberapa jenis tambahan perlindungan atau biasa disebut perluasan jaminan. Selain perlindungan atas bencana alam seperti banjir, tanah longsor, tsunami, dan lain-lain, juga terdapat tambahan perlindungan atas risiko kerusahan, pemogokan, dan huru-hara (SRCC – Strike, Riot and Civil Commotion).

“Sebagian dari masyarakat kita masih belum tahu bahwa perlindungan asuransi tidak terbatas pada kerugian yang timbul akibat kecelakaan saja, namun juga ada perluasan jaminan atas kondisi darurat lain seperti huru-hara. Kejadian seperti ini tidak bisa diprediksi, dan tentunya tidak pernah diharapkan terjadi. Namun, akan sangat bijak kalau menambahkan perluasan jaminan sebagai langkah preventif,” ungkap Head of Communication and Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto.

Informasi mengenai perluasan jaminan atas risiko huru-hara bisa diperoleh dengan menanyakan kepada petugas asuransi saat Anda membeli polis atau hubungi nomor call center asuransi untuk memperoleh informasi awal.

Jenis asuransi

Anda dapat memilih jenis asuransi sebagai berikut untuk meng-cover kendaraan Anda yaitu :

o    Comprehensive
Merupakan asuransi menyeluruh yang akan menanggung kerugian kerusakan total dan kerugian kerusakan sebagian. Asuransi ini dapat diperluas dengan penambahan premi yaitu untuk menanggung resiko bencana alam, huru hara, penambahan aksesoris kendaraan dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
o    Total Loss Only
Merupakan asuransi yang menanggung kehilangan akibat pencurian dan bukan penggelapan ataupun penyalahgunaan fungsi kendaraan. Jenis asuransi ini juga menjamin kerugian total yang biaya perbaikannya diperkirakan ≥ 75% dari harga kendaraan sebenarnya (sesaat sebelum terjadi kerugian).
o    Kombinasi
Merupakan asuransi gabungan antara Comprehensive dan Total Loss Only. Tahun pertama pertanggungan yang digunakan adalah Comprehensive sedangkan tahun berikutnya adalah Total Loss Only.
  • Penggantian dari pihak maskapai asuransi untuk kondisi klaim Total Loss Only adalah sebesar nilai pasar kendaraan sesaat sebelum terjadi pencurian kendaraan maupun kecelakaan yang menyebabkan kendaraan rusak ≥ 75% atau setinggi-tingginya harga yang tercantum dalam polis dan penggantian adalah berupa uang.
  • Sehubungan dengan fasilitas pembiayaan dari layanan asuransi, maka apabila terdapat pembayaran klaim Total Loss Only dari maskapai asuransi, layanan asuransi memiliki hak terlebih dahulu untuk memperoleh pembayaran tersebut.
  • layanan asuransi akan mengembalikan sisa dana klaim yang diterima dari Maskapai Asuransi ke Konsumen, setelah diperhitungkan dengan seluruh kewajiban Konsumen di layanan asuransi.
  • Dalam hal jumlah pembayaran klaim asuransi lebih kecil dari jumlah kewajiban kepada layanan asuransi, maka selisih tersebut menjadi beban dan tanggung jawab Konsumen. 
  • Perbaikan kerusakan pada kendaraan yang dipertanggungkan HARUS dilakukan di bengkel yang ditunjuk oleh Maskapai Asuransi.

Asuransi yang telah dibayarkan tidak dapat dibatalkan walaupuntelah melakukan pelunasan dipercepat.

2.   Claim Asuransi

Apabila Anda bermaksud untuk mengajukan klaim asuransi, berikut adalah tata cara pengajuan klaim : Secara umum, Tertanggung wajib melaporkan kasus klaim ke Maskapai Asuransi kerugian terkait atau layanan asuransi dalam jangka waktu maksimal 72 jam (3x24 jam) setelah kejadian.
Klaim Kendaraan Hilang (pencurian / kerusakan ≥ 75%)
1.Wajib melaporkan kejadian ke Bagian Klaim Maskapai Asuransi maksimal 3x24 jam, baik secara lisan dan secara tulisan.
2.Wajib melaporkan kejadian ke layanan asuransi
3.Dokumen yang perlu dilengkapi adalah :

 
Klaim Kecelakaan/Partial
1. Wajib melaporkan kejadian ke Bagian Klaim Maskapai Asuransi maksimal 3x24 jam, baik secara lisan dan secara tulisan (melalui surat atau faksimili).

2. Mengajukan klaim resmi secepatnya ke Bagian Klaim Maskapai Asuransi dengan disertai dokumen-dokumen pendukung yaitu :

a. Fotocopy STNK kendaraan
b. Fotocopy SIM pengemudi pada saat kecelakaan terjadi
c. Fotocopy KTP tertanggung
d. Formulir Klaim Kendaraan Bermotor dari Maskapai Asuransi (HARUS diisi dengan benar dan lengkap)
e. Dokumen lain jika dibutuhkan (hal ini akan diinformasikan pada saat pengajuan klaim)

3. Maskapai Asuransi memerlukan dokumen tambahan, yaitu ”Surat Tanda Penerimaan Laporan” dari  Kepolisian setempat, apabila :
a. Kerusakan mesin yang cukup berat pada kendaraan.
b. Pencurian asesoris/sparepart dari kendaraan (seperti : dashboard, kaca spion, tape mobil dan sebagainya) dan kerusakan akibat perbuatan jahat orang lain.

4. Surat tuntutan dari pihak ketiga apabila kerugian dan atau kerusakan melibatkan pihak ketiga.


Apabila Anda ingin mobilnya di asuransikan silahkan hubungi saya :

Nama : Heri.H
No Hp : 0812 9113 1138
Layanan Asuransi : Garda OTO
 
Sumber : google.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.