Wednesday, 5 August 2015

Tips Toyota : Cara Rawat Karet Kaca dan Pintu Mobil


http://www.toyotaanzon.com





Karet-karet seperti yang ada di sekitar kaca dan pintu mobil, memang bukan komponen utama mobil. Namun ketika kondisinya sudah rusak, jelas membuat pemiliknya merasa tidak nyaman berkendara.

Nah, membeli mobkas juga perlu memperhatikan kondisi komponen yang satu ini. Fungsi dari karet di kaca mobil antara lain untuk menahan air agar tidak masuk ke kabin mobil dan panel pintu. Jika air sampai masuk ke dalam panel pintu, tentu akan merusak fungsi sistem power window, speaker, dan serta actuator door lock.

Selain itu, karet kaca ini juga untuk meredam suara bising dari luar serta menahan angin masuk ke kabin.

Karet pada kaca samping mobil seringkali luput dari perhatian calon pembeli mobkas. Hal itu berakibat karet akan menjadi kotor dan kaca mobil menjadi seret ketika dinaik-turunkan. Biasanya, karena ada tumpukan debu itu karet juga akan retak atau robek.

Memang, karet-karet ini bisa bertahan hingga 4-7 tahun pemakaian di mobil. Namun yang tidak diketahui adalah karet itu sudah berapa lama diproduksi sebelum ia dipasangkan di mobil. Jadi kondisinya akan bertahan dalam waktu yang lebih pendek dari itu.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendeteksi kondisi karet pada kaca jendela dan pintu mobil bekas.
http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com
Karet pintu ini yang sudah rusak dapat menyebabkan bising masuk kabin Cermati kondisi karet kaca samping yang sudah perlu diganti. Banyak debu dan tak lentur

Penyebab macetnya kaca jendela mobil di sebabkan dari beberapa hal:

1. Run door glass atau karet luar dan dalam pada kaca jendela mobil. Mendeteksi kondisi karet ini cukup mudah, Anda tinggal melihat kondisi kebersihan karet, kelenturan karet, dan sudut-sudut karet yang berpotensi robek.

2. Naik turunkan kaca jendela mobil, pastikan laju naik turun berjalan lancar dan tidak terdengar bunyi gesekan kaca de­ngan karet. Jika meng­alami seret saat naik-turun atau kaca condong ke depan saat dinaikan, kemungkinan di bagian sudut karet pintu ada kerusakan atau robek.

Sementara untuk karet pintu pada mobil, cara mengidentifikasi kondisi kelayakanya lebih simpel.

1. Pastikan kondisi kelenturan karet masih baik. Cek pula kebersihan karet luar dan dalam, serta kekenyalannya.

2. Periksa dengan seksama sudut-sudut pada bagian atas karet pintu. Di bagian ini biasanya rentan terjadi kerusakan pada karetnya.

3. Buka tutup pintu mobil. Jika terdengar suara keras atau nyaring, kemungkinan kondisi karet pintu sudah tidak maksimal secara fungsi.

“Di saat Anda servis rutin mobil di bengkel resmi, mintalah orang bengkel untuk mengecek kondisi karet pada kaca dan pintu kendaraan anda, hal ini bisa mendeteksi dan meminimalkan kerusakan pada karet tersebut,”

Hendra menambahkan, selain mendeteksi secara berkala, pastikan juga mobil tidak sering terkena sengatan matahari terlalu lama di area parkir, karena akan mrngurangi kelenturan pada karet.

Namun jika Anda me­nemui mobkas yang ingin Anda beli mengalami ke­rusakan pada karet itu, tapi Anda tetap ingin mem­beli mobil itu, perlu memperimbangkan biaya penggantinanya.

Penggantian sebaiknya dilakukan di bengkel resmi karena mereka sudah menyiapkan komponen dengan spesifikasi karet yang sama atau sesuai. Untuk karet power window dibanderol sekitar Rp 100-450 ribu tergantung tipe mobil berikut ongkos pemasanganya.

Sedangkan harga dan ongkos pada karet pintu dibanderol mulai dari 100-550 ribu, tergantung tipe mobilnya.
http://www.toyotaanzon.com http://www.toyotaanzon.com
Karet pintu ini yang sudah rusak dapat memicu karat di sudut pintu
Perawatan Mudah Karet Kaca dan Pintu

1.Melakukan perawatan secara berkala terutama membersihkan jalur kaca mobil yang sering dimasuki kotoran atau debu. Untuk membersihkan jalur kaca mobil gunakan sampo, oleskan cairan sampo pada jalur kaca mobil lalu naik-turunkan kaca mobil sampai sampo merata dengan sendirinya.

Kemudian bersihkan dengan lap kain yang bertekstur halus dan mengeringkannya. Pengolesan sampo juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas karet kaca jendela mobil. Membersihkan karet dengan cairan pembersih karet yang mengandung silikon sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas karet jendela mobil.

Menggunakan cairan pelembab karet agar karet tetap elastis dan mampu berfungsi dengan baik untuk waktu yang lebih lama. Yang perlu diingat adalah hindari menggunakan oli untuk mempermudah kaca mobil naikturun karena akan membuat karet jalur kaca mengeras dan menjadi sarang debu.

2. Semprotkan cairan yang mengandung silikon secara merata di permukaan karet pintu mobil. Namun sebelum itu dilakukan, bersihkan terlebih dahulu permukaanya menggunakan kain katun.







 sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.