Monday, 6 July 2015

Tips Toyota : Pindah Jalur Di Jalan Tol Yang Macet

http://www.toyotaanzon.com

Ada kebiasaan ‘merapatkan’ barisan ketika terkena macet di jalan biasa. Kadang ini juga berlaku di jalan tol, padahal dinamika lalu-lintas di jalan tol begitu tinggi. Anda harus hati-hati dan menjaga jarak lebih jauh sebagai langkah antisipasi.

Tapi aksi saling serobot jalur tetap bisa terjadi saat macet di jalan tol. Nah, agar tidak diserobot mobil lain adalah dengan memperhatikan dua mobil di depan. Bila mobil tersebut mulai bergerak, maka Anda harus sudah siap di D atau gigi 1. Metode ini membuat jarak dengan kendaraan di depan tidak berubah karena celah yang membesar bisa diserobot pengemudi lain.

Bagaimana jika tetap diserobot? “Lebih baik mengalah, beri jalan sehingga risiko terserempet bisa kita minimalisir. Karena saat macet, kemungkinan seseorang terserang road rage cukup tinggi. Nah, kita sebagai pengemudi ‘waras’ wajib untuk tidak memicu atau menyebabkan pengemudi lain terserang road rage,” jelas Marcell Kurniawan dari Real Driving Course.

Di lain waktu, bisa jadi Anda yang mesti pindah jalur. Seperti ketika mobil di depan bermasalah. Jangan langsung pindah jalur. Nyalakan lampu sein dan cek spion untuk melihat kondisi di jalur sebelah. Jalur jalan tol yang umumnya lebar membuat mobil di sebelah berisiko terjebak di blind spot spion mobil Anda. Lakukan shoulder check alias menoleh ke arah samping untuk memastikan kondisi jalan aman.

“Meski begitu, pastikan juga Anda tidak sampai terjebak di blind spot orang lain. Caranya, tempatkan kendaraan Anda secara diagonal atau miring terhadap kendaraan lain,” lugas Marcell. Tidak hanya bisa melihat, tapi juga terlihat. Anda pun bisa berkendara aman di jalan tol.













sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.