Monday, 6 July 2015

Tips Berkendara Mudik Nyaman Bersama Toyota

http://www.toyotaanzon.com

Sedikit tips dari pembalap Nasional dan juga sebagai duta safety driving, Rifat Sungkar. Mengemudi mobil untuk mudik dengan tujuan yang jauh butuh perhatian khusus agar badan tidak cepat lelah.

Keadaan emosional sang pengemudi harus dalam kondisi baik. Dengan begitu, pengemudi akan menjadi lebih berhati-hati. Berbeda jika kondisi emosi sedang tak terkendali yang membuat pengemudi membawa mobil secara agresif.

"Kalau kita happy, kita kuat. Kalau enggak happy, kita enggak akan kuat. Simple," kata Rifat.

Demi menjaga keceriaan, siapkan atau cari hiburan di dalam mobil seperti musik yang bisa dinyanyikan. Letakkan barang yang sering dibutuhkan di tempat yang mudah terjangkau. Sebab, hal sederhana itu bisa menyulut emosi.

"Biar happy, entertainment bagus, water level terjaga, bau di dalam mobil oke, posisi duduk enak, enggak salah pakai sepatu, jangan pakai sepatu yang haknya tebal, terus posisi barang yang kita butuhkan dekat. Karena hal-hal yang kecil itu bisa menstimulus kita jadi emosi. Terakhir sediain musik yang bisa bikin kita nyanyi. Walaupun suara kita enggak enak, yang penting kita bisa nanyi," jelas Rifat.

Selain itu agar badan tetap fit selama mudik menggunakan mobil, atur waktu istirahat yang cukup. Rifat menyarankan, setiap dua sampai tiga jam sekali pengemudi harus istirahat.

Beberapa mobil masa kini, kata Rifat, bisa dijadikan tempat istirahat. Jadi, Anda tinggal mencari tempat parkir yang aman untuk beristirahat di dalam mobil.

"Banyak orang yang enggak tahu bahwa mobil zaman sekarang bisa dipakai untuk tempat beristirahat. Caranya adalah, bangku depan dimajukan sampai mentok, headrest dicabut, rebahkan sadaran kursinya. Kalau mobil zaman sekarang banyak yang bangku depan-belakangnya nyambung. Jadi kayak sofa panjang," ucap Rifat.

Jika sudah mendapatkan posisi nyaman, istirahat dengan tidur yang berkualitas. Sebab, tidur berkualitas lebih baik ketimbang tidur yang tidak berkualitas namun memakan waktu yang lama.

"Quality sleep lebih bagus daripada quantity sleep. Kalau quality sleep, kalau bisa tidur 30 menit dan pastikan enggak ada yang ganggu. Itu lebih baik dibanding tidur dua-tiga jam tapi setiap 15 menit diganggu terus," katanya.

Selain istirahat yang cukup, pastikan badan Anda memiliki asupan air putih yang cukup juga. Tidak masalah kalau Anda harus bolak-balik untuk buang air kecil karena terlalu banyak minum, yang penting cairan tubuh tetap terjaga.
 







sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.