Tuesday, 24 February 2015

Tips Toyota Berkendara Saat Hujan Dari Rifat Sungkar

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Berkendara di saat hujan adalah aktivitas yang penuh resiko. Dengan permukaan jalan yang lebih licin akibat air hujan, potensi celaka menjadi lebih besar bagi Anda maupun pengguna jalan lain.

Meski begitu, pereli nasional Rifat Sungkar tak segan berbagi tips aman berkendara di saat hujan. "Utamanya adalah memastikan kondisi kendaraan agar selalu optimal," ucap Rifat di event Diskusi Isu Keselamatan Berkendara yang diadakan intitusi Rifat Drive Labs, Jakarta (4/2).

Rifat menambahkan, idealnya kecepatan ketika hujan 2 kali lebih pelan dibanding melaju di jalan kering. Sebabnya karena faktor X pun juga meningkat potensi celakanya. Misalnya pengendara lain yang juga mengalami penurunan grip akibat permukaan licin.

Nah, beberapa hal penting untuk berkendara di saat hujan menurut Rifat antara lain:
1. Ban. Pastikan agar tekanan ban selalu ideal. Cukup periksa 2 minggu sekali. Dengan bentuk ban yang sempurna, kembang akan mengalirkan air secara optimal.

2. Rem. Jangan lakukan pengereman keras dan mendadak saat melintas di genangan air. Karena di kondisi ini akan muncul gejala aquaplanning. Ketika mengerem dan salah satu ban mendapat grip, maka mobil akan tertarik ke arah tersebut dan membuat mobil melintir.

3. Cek arah semprotan air wiper. Setel agar titik jatuh semprotan air wiper berada sejajar dengan mata. Dengan begitu, kotoran yang menghalangi lebih mudah diseka wiper. Visibilitas pun terjaga.

4. Melewati banjir. Hal paling penting bagi mobil saat melaju di banjir adalah jangan sampai air intake kemasukan air. Triknya, pahami dimana lokasi air intake mobil Anda dan pastikan ketinggian air tidak melewati air intake. Selain itu, lajukan mobil dengan sangat pelan agar percikan air tidak terhisap air intake







sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.