Friday, 4 April 2014

Tips Toyota Merawat Power Window Pada Mobil


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Mungkin sebagian pembaca pernah mengalami masa-masa di mana jendela mobil masih menggunakan tuas engkol untuk menggerakkannya naik dan turun. Tentunya Anda ingat di masa itu kita sering kere­potan untuk menggerakkan jendela yang berada di sisi terjauh kita. Tak jarang kita harus meng­hentikan kendaraan demi menggerakkannya.

Nah, sudah 3 dekade terakhir teknologi power window atau electric window atau kita terjemahkan saja jendela elektris telah diadopsi oleh kendaraan modern. hal ini jelas untuk kemudahan pengemudi agar proses buka tutup kaca kian mudah dan tak merepotkan.

Konstruksi sistem jendela elektris ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan sistem engkol mekanis. Hanya saja pada gerigi yang menggerakkan regulator diberikan motor/dinamo sehing­ga dapat bergerak begitu motor tersebut dialirkan arus listrik ketika tombol disentuh.

"Saya sudah 15 tahun memperbaiki jendela, dan sistem ini dari dulu ya begini-begini aja, jadi masalahnya pun ya itu-itu saja," ujar Andi M.Z dari Subur Jaya Motor, spesialis power window di Jl. Puri Kembangan Raya, Jakarta Barat.

Menurutnya sejak sistem ini muncul pula, tak terdapat banyak perkembangan berarti. Ini berarti sistem ini masih dipercaya dan diandalkan sebagai sistem terbaik untuk mengatur naik-turunnya jendela. Tentunya permasalahannya sejak jaman dulu sistem ini muncul hingga saat ini pun tak jauh berbeda.

Berikut ini kami paparkan komponen-komponen yang ada pada sistem power window dan potensi kerusakan yang dapat timbul serta cara pencegahannya.


Regulator

Regulator merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemegang kaca jendela yang terhubung dengan motor power window. Konstruksinya biasanya terdiri atas pegangan kaca, dengan material besi lengkap dengan gerigi ataupun kabel untuk menjadi penyalur tenaga untuk menggerakkan kaca.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Kerusakkan pada regulator jenis gerigi biasanya terindikasi dari geriginya yang sudah tipis dan tak mampu menerima putaran dinamo dengan sempurna. Sedangkan pada regulator yang menggunakkan kabel, biasanya kabel ini bisa putus lalu regulator tak akan dapat lagi bekerja untuk menaik-turunkan kaca jendela.

Jika gerigi atau kabel sudah rusak, tak ada cara lain untuk membuatnya bekerja sempurna kecuali dengan mengganti komponen yang telah rusak tersebut. Sialnya, komponen ini harganya cukup tinggi lantaran merupakan

komponen paling mudah rusak dan menjadi incaran para korban yang power windownya malfungsi.


Motor Power Window

Motor power window konstruksinya sangat sederhana. Dengan dinamo yang berputar jika menerima arus listrik dari switch dan menyalurkannya menjadi tenaga mekanis lewat gerigi ataupun kabel untuk menaikturunkan kaca.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Kerusakkan pada motor menyebabkan kaca tak akan bisa digerakkan naik atau turun. Indikasi tidak berfungsinya komponen ini biasanya terdeteksi dari tidak adanya suara sama sekali ketika switch kita gerakkan.

Yang cukup mengesalkan adalah motor ini ternyata merupakan komponen termahal di sistem power window. Tak heran, ia ibarat jantung yang menjadi sumber tenaga untuk menggerakkan seluruh sistem power window ini.


Jalur Kaca / Rel

Komponen ini merupakan inti dari perlindungan sistem power window. Umumnya konstruksi rel terdiri dari dua jenis material yakni karet ataupun kain beludru. Rusaknya komponen ini akan menyebabkan kerusakkan yang sistemik sehingga semua komponen akan terkena dampaknya.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Jika rel sudah terhambat, maka regulator dan motor akan bekerja keras untuk menaikkan kaca. Dampaknya tentu saja berkurangnya umur ataupun kemampuan regulator dan motor untuk bekerja. Tak hanya itu, ketika jalur kaca sudah terhambat maka kaca tak akan mampu berjalan sempurna dan bisa keluar dari jalurnya sehingga kaca berpotensi tergores akibat bergesekkan dengan benda lain selain karet penjepitnya. Bila power window dilengkapi fitur anti jepit, bukan tidak mungkin kaca akan turun kembali saat menemui hambatan alias Anda akan kesulitan menutup kaca.


Kaca

Nah komponen ini merupakan komponen pasif dalam sistem power window. Ia merupakan objek yang digerakkan keseluruhan sistem ini untuk menjadi penutup ataupun pemberi akses. Karena sifatnya yang pasif, maka tak ada pula yang bisa dilakukan terhadap kaca ini untuk melindungi dirinya dari malfungsi.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Malfungsi yang bisa terjadi pada kaca pun beragam, mulai dari kaca yang keluar dari jalurnya, hingga baret-baret pada kaca akibat goresan dari karet penghalang air. Tak ada yang bisa dilakukan jika kaca sudah baret dalam kondisi parah kecuali mengganti kaca.



Perawatan
Yang unik dari sistem power window adalah perawatannya. Lantaran keseluruhan komponen yang sudah disebutkan di atas ternyata dapat dijaga dengan hanya melakukan beberapa langkah mudah yakni perhatian khusus pada jalur kaca/rel dan karet penghalang air.

Material karet mudah malfungsi jika sudah mengeras. Solusi untuk menjaganya agar tidak mengeras dan memperparah kerusakkan pada komponen lain ternyata sangat mudah yakni dengan mengoleskan sampo di karet-karet tersebut. lalu biarkan kaca Anda naik dan turun agar sampo merata dengan sendirinya. Pun begitu dengan material beludru.

Maksud dari perawatan ini adalah untuk menjaga elastilitas karet agar tak mengeras dan mengganggu jalannya sistem power window. Selain itu, dengan mengalirkan sampo pada jalur kaca, kotoran yang berpotensi menghambat dapat dihindarkan.


Perhatian !
Jangan menggunakan minyak atau oli untuk membersihkan jalur kaca ataupun karet penjepit kaca. Karena oli justru dapat membuat material karet menjadi lebih cepat mengeras dan minyak memungkinkan debu melekat di rel kaca.





sumber:autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.