Tuesday, 11 March 2014

Tips Toyota Menghilangkan Bau di Kabin Mobil


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Bau tak sedap di kabin bisa membuat tidak nyaman semua penumpang. Malah bisa membuat rasa mual tak karuan. Penyebab bau tak sedap memang bisa beragam, tapi bagaimana cara mendeteksi sumber bau di kabin mobil? “Ada tiga sumber utama di dalam mobil yang dapat menghasilkan bau. Yaitu saluran AC, bangku, dan karpet mobil,” terang Anthony, dari Car Care Shop.

Beberapa mobil telah dilengkapi filter udara pada AC. Fungsinya untuk menyaring udara kabin yang kemudian diputar kembali oleh AC sebagai udara dingin ke dalam kabin.

Masalahnya adalah beberapa mobil lainnya belum dilengkapi saringan udara AC tersebut. Padahal, AC menarik udara dari bawah dasbor sisi penumpang depan. Kotoran seperti debu akan mudah diisap untuk selanjutnya disalurkan ke kabin via kisi AC di dasbor. Dari sini potensi bau timbul.

Cobalah periksa sistem AC mobil Anda. Kalau belum ada filternya, di pasar banyak tersedia produk aftermarket.

Tapi meski ada penyaring udara sekalipun, bukan berarti AC mobil bebas bau. Filter tersebut harus rutin dibersihkan agar kotoran yang melekat bisa dienyahkan. Atau kalau mau mudah dan sekaligus menjangkau evaporator, bisa dipakai pembersih AC aftermarket. Bila ternyata masih bau, artinya Anda harus mengeluarkan dan membersihkan evaporator.

Suka atau tidak, keringat tubuh bisa menempel di bangku. Lihat saja bangku mobil yang berwarna cerah. Lambat laun sandaran badan dan kepalanya akan berwarna kehitaman se­bagai jejak keringat. Belum lagi jika pakaian atau tubuh kita terdapat kotoran. Atau bisa juga dari makanan dan minuman yang kita bawa.

Begitu pula dengan karpet. Hampir bisa dipastikan karpet paling mudah menyimpan bau karena alas kaki kita membawa kotoran. Jejak makanan dan minuman pun bisa hinggap di karpet. Termasuk jejak air saat Anda menerjang banjir yang akan meninggalkan bau tak sedap jika tak terdeteksi sejak dini.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Bersihkan karpet dengan sikat untuk mengeluarkan kotoran yang terselip Filter AC perlu dibersihkan secara berkala agar tidak bau

Mendeteksi Bau Sejak Dini

Terlambat mengantisipasi bau akan menyulitkan Anda. Oleh karena itu, lakukan upaya pencegahan dengan melakukan inspeksi sehabis mencuci mobil.

“Sebelum melakukan inspeksi, ciumlah aroma kopi lebih dulu. Aroma kopi bersifat netral, sehingga memudahkan Anda untuk mendeteksi bau lain dan asalnya,” saran Anthony. Lakukan sebelum masuk ke dalam mobil agar bau kopi tidak menyebar di dalam kabin.

Perhatikan area yang terdeteksi ada bau tak sedap. Biasanya, ada noda yang menempel. Ditandai oleh perbedaan warna dengan warna bahan aslinya.

Untuk bangku fabric, bisa dipakai interior atau fabric cleaner. Semprot ke noda tersebut dan seka dengan kain bersih atau mikrofiber. Jika noda sulit diangkat, bisa dipakai sikat nylon yang halus. Sikat halus itu juga bisa dimanfaatkan jika sumber bau ada di sela-sela jok.

Untuk karpet, Anda bisa keluarkan supaya mudah dibersihkan. Untuk karpet karet, bisa dipakai sabun krem agar proses membersihkan dapat berlangsung cepat dan efektif.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Sisa kotoran juga dapat menimbulkan bau tak sedap Kotoran dari alas kaki di karpet turut menimbulkan bau Waspadai jejak makanan atau minuman di jok

Perhatian untuk karpet berbahan beledu. Cukup bersihkan di area yang terdapat noda dengan interior cleaner. Jika kotorannya merata dan sulit dihilangkan, perlu dicuci.

Namun hati-hati dengan proses pengeringan yang sepenuhnya mengandalkan sinar matahari. Pastikan kering total. Kalau tidak, malah akan menjadi sumber bau baru.

Hal serupa berlaku bagi karpet dasar yang terkena banjir. Segera keluarkan dari mobil dan bersihkan. Keringkan dengan mengandalkan sinar matahari. Jangan pakai hair dryer karena terpusatnya panas akan merusak karpet.

Jangan paksakan segera memasang karpet kalau belum sepenuhnya kering. Karena bau yang tercipta akan sangat mengganggu. Terus jemur setiap ada kesempatan sinar matahari muncul. Biarkan dek mobil tanpa karpet dan gunakan mobil seperti biasa guna mengurangi kelembabannya.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Perhatikan arah serat kain saat membersihkan jok dengan sikat halus  

Jangan Hilangkan Bau Dengan Pewangi

“Analoginya sederhana saja. Saat tubuh Anda penuh keringat, cobalah semprot baju yang dipakai dengan minyak wangi. Malah jadi tidak enak kan baunya?” lugas Anthony.

Cara paling efektif untuk menghilangkan bau adalah dengan membersihkan sumbernya. Namun jika terpaksa karena darurat, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di dalam wadah dan meletakkannya di kolong bangku.

Bahan ini efektif untuk menetralkan bau tak sedap. Tapi jangan dibiarkan saja. Begitu ada kesempatan, langsung bersihkan sumber bau tersebut.









sumber:autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.