Monday, 10 March 2014

Tips Toyota Hati-Hati dan Waspada Jalan Berlubang


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Dalam kondisi cuaca normal saja, kondisi jalan di Jakarta dan sekitarnya belum tergolong mulus. Kian parah, bila terpaan air hujan membuat genangan air hadir di sejumlah titik.

Bisa ditebak, wajah jalan di Jakarta dan sekitarnya menjadi kubangan air. Tidak berhenti di situ, jalan berlubang menjadi pemandangan yang lazim baik di jalan kecil hingga protokol.

“Kami sudah koordinasi dengan Dinas PU untuk segera memperbaiki kondisi jalan ini. Namun kami menunggu cuaca mendukung dalam pengerjaan agar optimal. Beberapa titik sudah melakukan perbaikan,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki Cahaya Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta (Warta Kota-red).

Terpaan hujan seolah tiada henti mendera mulai dari akhir Desember hingga Februari. Tidak hanya menganggu aktivitas serta mobilitas masyarakat, namun potensi bahaya kecelakaan lalu lintas terbuka lebar. Ada hampir 2 ribu titik jalan berlubang atau rusak di seantero Jabodetabek. Jelas menjadi pekerjaan rumah yang pengerjaannya masih menunggu musim hujan usai nanti.

Dengan banyaknya titik jalan berlubang itu, tentu membuat pengendara menjadi was-was. Selain dapat merusak kendaraan, juga berpotensi menimbulkan malapetaka seperti kecelakaan atau tabrakan. Selain butuh kewaspadaan tinggi, pengendara juga perlu ekstra perhatian ke sekeliling kendaraan Anda bila hendak bermanuver menghadapi jalan berlubang.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Kondisi jalan rusak dan berlubang mendominasi jalan pasca-hujan dan banjir di Jakarta

Kondisi Aktual

Kami mencoba melihat langsung di lapangan. Tapi tidak semua jalan di Jakarta kami lewati. Hanya rute dari kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat menuju kawasan jalan Sudirman-Thamrin dengan jalur memutar. Tapi meski rute itu tak panjang, hasil yang kami dapati cukup mencengangkan.

Sejak di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, jalan berlubang sudah mendera. Antrean panjang kendaraan bergerak hati-hati dan membutuhkan konsentrasi agar tidak terjadi insiden. Menuju Kedoya, jalan lubang masih terlihat sporadis. Lubang jalan makin ba­nyak sejak jalan S. Parman dekat Universitas Tarumanegara dan Mal Ciputra hingga dekat Universitas Trisakti. Maklum, area ini sempat tergenang banjir.

Aspal terkelupas juga muncul saat menuju perempatan Tomang dan ke Harmoni. Kian parah, di area pertemuan dengan jalur bus TransJakarta. Aspal terkelupas hingga berlubang banyak bermunculan.

Sepanjang jalan protokol Thamrin – Sudirman relatif masih baik. Hanya saja, sekitar perempatan dan jalur bus Transjakarta ada titik jalan rusak meski tidak parah.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Konsentrasi tinggi mesti diterapkan pengendara melintasi jalan rusak dan berlubang Genangan air yang berkepanjangan memudahkan lubang jalan bermunculan  
Namun ketika melewati kawasan Warung Buncit, sejumlah titik lubang ditemui di sepanjang jalan ini hingga perempatan Ragunan. Di jalan TB Simatupang, membutuhkan konsentrasi tinggi. Soalnya banyak permukaan rusak, aspal terkelupas hingga lubang.

Beberapa titik lubang juga dijumpai di perempatan Lebak Bulus arah Pondok Indah. Bahkan saat melintas underpass Pondok Indah hingga Gandaria City, jalan rusak dan berlubang cukup menghambat laju kendaraan bermotor melintas.

Melintas di kawasan Simprug, jalan rusak, bergelombang dan berlubang cukup dalam tampak jelas di depan hingga perempatan Kebayoran dan Joglo. Melintas dengan kecepatan medium, cukup untuk membuat mobil terpental.

Dengan survei jalan sederhana ini, setidaknya bisa memberi gambaran aktual bagaimana kondisi di lapangan. Jelas membutuhkan penanganan sesegera mungkin dari pihak terkait dalam perbaikan. Sekali lagi, untuk kelancaran lalu lintas serta keselamatan pengendara.


Mengemudi Ekstra Konsentrasi

Kondisi jalan tidak ideal membuat Anda harus ekstra waspada dalam mengemudi. Berikut beberapa tips melintas jalan rusak dan berlubang.

• Memantau kondisi di sekeliling kendaraan Anda secara berkala. Sehingga saat Anda ingin bermanuver ketika bertemu lubang, seperti mengerem cepat atau menghindar, Anda sudah mengetahui kondisi di sekeliling. Kondisi arah berlawanan juga perlu dipantau. Karena ada kemungkinan mobil dari arah berlawanan juga melakukan manuver yang sama dengan Anda.

• Menjaga jarak aman dengan mobil depan, tidak hanya sebagai antisipasi bila kendaraan di depan mengerem mendadak, tapi Anda mempunyai kesempatan untuk melihat kondisi jalan sehingga Anda pun dapat melakukan manuver antisipasi.

• Waspadai bila ada pengendara sepeda motor yang ada di depan Anda. Ada kemungkinan sepeda motor tersebut menghindari lubang secara mendadak dengan membanting kemudi ke arah luar.

• Bila terpaksa Anda rem mendadak dan mobil menukik, usahakan mengangkat rem sebelum memasuki jalan rusak. Sehingga bobot kendaraan akan kembali merata di tiap roda.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Jalan Berlubang Membuat Petaka

Sejumlah ekses dari jalan berlubang dapat merugikan para pengguna jalan.

• Macet, banyak kendaraan mengurangi kecepatan membuat hal ini memicu kemacetan yang mengular. Dampaknya, bisa ditebak kemacetan parah bakal mendera di sejumlah titik.

• Pemicu kecelakaan. Bukan tidak mungkin, jalan rusak dan berlubang juga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Entah bersinggungan hingga bermanuver mendadak memicu pengendara lain terlibat insiden.

• Suspensi rusak. Bagian kaki-kaki yang menjadi korban akibat jalan rusak dan berlubang. Suspensi bakal bekerja ekstra membuat umur pakainya kian pendek.












sumber:autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.