Monday, 10 February 2014

Tips Toyota : Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Menggunakan asuransi alasan terbesarnya tentu menjaga aset Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun karena kurang memperhatikan poin-poin perjanjian dalam asuransi, pemegang polis kerap kesulitan saat mengajukan klaim. Malah tak jarang ketika klaim asuransi ditolak. Apa penyebabnya?

"Paling pertama ketika hendak berasuransi, bacalah polis asuransinya dan ketahui apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi. Pahami mana yang bisa diklaim dan mana yang tidak," jelas Laurentius Iwan Pranoto, Marketing Communication & PR PT Asuransi Astra Buana.

Aturan mengenai klaim asuransi ini sebenarnya sudah dimuat dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Sebagai contoh, kondisi mobil yang diasuransikan harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Bila saat membeli asuransi mobil, kendaraan tertulis untuk digunakan pribadi, maka jika mobil dipakai sebagai kendaraan rental atau turun dalam ajang balap maka bisa menyebabkan klaim ditolak saat terjadi accident.

Kecelakaan akibat melanggar peraturan lalu lintas, misalnya menyetir saat mabuk, ugal-ugal­an di jalan, menerobos rambu lalu lintas, atau pengemudi tidak memiliki SIM juga sudah dipastikan akan membuat klaim asuransi ditolak. Selain itu jika kendaraan rusak akibat meng­angkut hewan atau zat kimia juga tidak ditanggung pihak asuransi.

Buat yang hobi modifikasi mobil juga perlu perhatian lebih. Pemilik kendaraan wajib melaporkan kepada pihak asuransi bagian mana saja dari mobil yang dilakukan modifikasi. Pihak asuransi pun akan mendata ulang kendaraan tersebut. "Yang ditanggung adalah kondisi mobil saat awal menggunakan asuransi. Kalau mobilnya sudah dimodifikasi artinya kondisi mobil sudah tidak sesuai dengan kondisi awal," jelas Iwan.

Kalau mobil terbukti menjadi alat kejahatan seperti perampokan, penjambretan, penculikan, penipuan, atau mobil sengaja dihilangkan dengan harapan mendapat biaya klaim ganti rugi, baik yang dilakukan pemegang polis asuransi atau orang lain di bawah pengetahuan si pemegang polis, sudah dipastikan klaim asuransi ditolak.

Menggunakan asuransi comprehensive juga patut cermat. Soalnya asuransi model ini tidak serta merta meng-cover semua kejadian tak diinginkan yang menimpa kendaraan Anda. Pastikan sejauh mana jaminan asuransi dan perluasan jaminan apa saja yang ditawarkan. Bisa jadi kerusakan mobil akibat huru-hara, kerusuhan, atau bencana alam tidak dijamin oleh asuransi tersebut.

Pastikan pula polis asuransi mobil Anda masih berlaku saat kejadian jika klaim tidak ingin ditolak pihak ausransi.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Laporan klaim ke asuransi maksimal 3 hari kerja setelah kejadian Setelah laporan klaim, pihak asuransi akan melakukan survei kondisi mobil Pihak asuransi akan merujuk bengkel rekanan untuk perbaikan

Proses Klaim Asuransi

Prosedur Klaim Asuransi Proses klaim asuransi kendaraan harus dilakukan selambat-lambatnya 3 hari kerja setelah kejadian, semisal tabrakan. Hal ini biasanya tercantum dalam polis pemegang asuransi. Laporkan niat Anda untuk klaim di cabang asuransi terdekat dengan lokasi Anda dan lengkapi dokumen pengajuan klaim.

Jika semua dokumen telah lengkap, pihak asuransi akan mengirim tim survei untuk melihat kondisi mobil Anda. Anda juga bisa mendatangi kantor cabang asuransi terdekat dengan lokasi Anda. Kemudian pihak asuransi akan menyarankan untuk melakukan perbaikan mobil Anda di bengkel rekanan asuransi yang telah ditunjuk. Anda pun dapat memilih bengkel rekanan itu. Serta membayarkan biaya klaim yang umumnya Rp 200 ribu per kejadian.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Lengkapi dokumen kendaraan saat pengajuan klaim Laporan kejadian dari kepolisian setempat menjadi salah satu dokumen yang dibutuhkan

http://anzontoyotamurah.blogspot.com







sumber:autobild.co.id

1 komentar:

Thanks for your information..
Amazing and so helpful!

Visit : Asuransi Mobil Terbaik Tahun ini

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.