Wednesday, 26 February 2014

Menguji Mobil Toyota New Corolla Altis

http://anzontoyotamurah.blogspot.com






Keen Look menjadi bahasa desain Toyota modern saat ini. Setelah All-New Vios, kini All-New Corolla Altis pun turut menyematkan desain tersebut. Tak heran bila Corolla generasi ke-11 ini kini tampil begitu agresif.

Gril yang menyatu dengan headlamp serta dilengkapi HID projector lamp. Pun begitu de­ngan airdam besar berbentuk trapezoidal yang menjamin udara segar mampu mendinginkan mesin berkode 2ZR-FE ini.

Aero fin pun telah menjadi standar untuk mengurangi noise dan memperbaiki aerodinamika Corolla terbaru ini. Apalagi dari sisi dimensi pun, Altis kini lebih lebar 15 mm dan menambah 100 mm pada wheelbase menjadi 2.700 mm. Dampaknya, ruang kabin serta pengendalian All-New Corolla Altis kini lebih mumpuni.

Memasuki interior, desain dasbor Corolla terlihat lebih sporty dan ergonomis dengan material yang baik. Layoutnya kini lebih menyerupai Lexus yang tidak lagi dibuat landai. Headunit di tipe V sebagai unit tes kami serupa dengan All-New Vios, tapi ada penambahan fitur GPS.

Untuk penumpang belakang, selain ruang kaki lebih lapang, sandaran bangku kini dapat diatur sudutnya. Plus dilengkapi tirai kaca belakang meski masih dioperasikan secara manual.

Satu yang menarik adalah ditiadakannya pilihan mesin 2.000 cc pada generasi ke-11 ini. Jadi, Altis terbaru hanya menyediakan mesin 1.800 cc berteknologi Dual VVT-i dengan transmisi manual 6-speed dan CVT 7-speed. Mampu menghasilkan tenaga 151 dk pada 6.400 rpm terasa mumpuni untuk mengusung bobot seberat 1.270 kg.

“Dari sejarah pendahulunya, permintaan terhadap pilihan mesin 2.000 cc hanya sebesar 10% dari total penjulaan Corolla. Makanya di generasi terbaru ini, kami hanya menyediakan pilihan Altis 1.8 dengan sedikit improvement di beberapa komponen,” papar Rahmat Samulo, Marketing Director PT Toyota Astra Motor.

Hal ini pun dipertegas dengan pernyataan General Manager Technical Service TAM, Dadi Hendriadi yang menyatakan bahwa performa dan konsumsi BBM Altis baru sudah mumpuni di kelasnya. Pengurangan friksi dan melebarkan rasio puli di CVT serta menyediakan mode 7-speed memberi kontribusi terhadap kehalusan berkendara dan efisiensi dalam konsumsi BBM.

Kami pun membuktikannya saat media test drive yang di selenggarakan Toyota. Rute Jakarta – Bandung via Tol cukup menjadi lahan untuk mengetahui performa Altis terbaru ini.

Posisi duduk ideal mudah didapat de­ngan pengaturan bangku secara elektris serta lingkar kemudi yang dapat diatur naik-turun dan maju-mundur. Dilengkapi paddle shift, sangat membantu saat berkendara agresif. Putaran mesin dapat dijaga pada 4.000 rpm saat hendak menyalip atau membantu deselerasi dengan engine brake. Respon perpindahannya cukup cepat.

Suspensi pun dibuat rigid agar mampu memberi pengendalian optimal. Feedback di setir cukup baik untuk memberi informasi grip ban saat menikung di jalan tol saat lengang pada kecepatan 140 km/jam. Efek negatifnya adalah suspensi terasa agak keras saat melaju di kecepatan rendah.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.