Tuesday, 28 January 2014

Toyota: Saudara Avanza? No Comment !!!


Perang di segmen mobil low Multi Purpose Vehicle (MPV) terbilang sengit. Selain Toyota Avanza yang masih dominan, ada Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Mazda VX-1 hingga Honda Mobilio. Kabar berhembus kalau Toyota masih menyimpan amunisi untuk segmen ini untuk menemani Avanza. Benarkah?

Kabar itu berhembus kencang. Terlebih setelah Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo berujar kalau kemungkinan melahirkan saudara kandung Avanza terbuka lebar dan tengah dipelajari
oleh Toyota. Peluang masih terbuka untuk melahirkan sebuah produk
massal lainnya.

Rumor makin kencang setelah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tengah mempersiapkan pabrik ketika yang awalnya hanya disetting untuk memproduksi mesin dan Toyota Yaris.

"Saudara Avanza? No comment," elak GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor Widyawati Soedigdo. "Kita lihat saja nanti," tambahnya.

Peluang untuk menghadirkan saudara dari Avanza memang terbilang besar.
Apalagi di 2013 lalu, Daihatsu juga telah memamerkan mobil konsep mereka, UFC-2 Concept yang merupakan konsep low MPV yang menggunakan platform Ayla-Agya.

Seperti diketahui, Daihatsu bersama Toyota sudah menelurkan beberapa
produk yang sama mulai dari Avanza-Xenia, Rush-Terios hingga Agya-Ayla.

UFC Concept pun telah dipamerkan dua kali di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2012 dan 2013 lalu. Head R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Satrio Budiono ketika IIMS 2013 mengatakan kalau UFC Concept ini segmentasinya jika sudah menjadi mass product akan berada di bawah Xenia dan di atas Ayla.

"Perkiraan harganya bisa Rp 110 jutaan sampai Rp 140 jutaan," kata
Satrio ketika itu.

Dalam versi konsep, mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1.000
sampai 1.200 cc. Untuk dimensinya, UFC-2 Concept hadir dengan panjang
3.990 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda
2.750 mm dan memiliki kapasitas 7 penumpang.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.