Monday, 13 January 2014

Tips Toyota Mobil Mau Terobos Banjir

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Tidak seperti kemarin, cuaca udara di Jakarta hari ini memang cukup terik. Banjir hari ini belum mengancam, namun jika suatu hari ada genangan air saat Anda tengah mengendarai mobil, dan Anda berniat menerobosnya, ada beberapa hal yang yang harus dipastikan terlebih dahulu.

1. Langkah pertama jangan memaksakan mobil menembus genangan air dengan ketinggian melebihi bemper kendaraan.

2. Bila berpapasan dengan kendaraan lain, pastinya akan menimbulkan ombak, yang memungkinkan air terhisap ke dalam mesin. Perhatikan ketinggian posisi lubang saluran intake (saluran hisap saringan udara) Jika tinggi air melebihi tinggi lubang intake jangan paksakan kendaraan untuk melintas karena air dapat masuk ke dalam ruang bakar dan akan merusak komponen mesin.

3. Bila terpaksa anda harus melalui banjir. Perhatikan kondisi lalu lintas di depan Anda, usahakan kendaraan Anda dapat melaju tanpa harus berhenti.

4. Pertahankan putaran mesin, jangan terlalu tinggi (1.500-2.000 rpm).

5. Putaran mesin yang terlalu rendah berakibat mesin dapat mati, sebaliknya bila putaran mesin terlalu tinggi dapat menyebabkan kipas yang terbuat dari plastik cenderung bengkok waktu terkena air. Bila demikian, kipas dapat membentur kisi-kisi radiator sehingga dapat menyebabkan radiator bocor

6. Jika kendaraan Anda transmisi manual gunakan posisi gigi terendah dan melaju pelan pelan maksimal 10 km/ jam.

7. Jika kondisi air terus meninggi sehingga gelombang air dari mobil depan diperkirakan dapat masuk ke dalam saringan udara sebaiknya Anda segera berputar mencari jalan lain.

8. Perlu diingat, apabila kendaraan yang telah melewati banjir, rem mobil cenderung bekerja kurang sempurna. Hal ini dikarenakan sepatu rem dalam kondisi basah. Untuk mengeringkan sepatu rem agar dapat berfungsi dengan normal adalah dengan jalan menekan dengan lembut pedal rem beberapa kali saat kendaraan berjalan.

Perhatikan situasi di belakang kendaraan Anda sebelum melakukan hal tersebut.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.