Wednesday, 8 January 2014

Tips Toyota Cara Aman Ganti Ban Mobil

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Fakta bahwa ban mobil bisa kempis setiap saat kadang kita sering abaikan. Barulah ketika hal itu terjadi kita merasa kesal. Lebih parah lagi, karena jarang terjadi, banyak dari kita yang masih gugup saat harus mengganti ban sendiri.

Aktivitas mengganti ban sendiri juga mengundang bahaya. Bila tak dilakukan benar, berpotensi mengakibatkan cedera atau bahkan fatalitas. Berikut ini kami paparkan urutan cara tepat dan aman dalam mengganti ban.
  1.  Hentikan kendaraan pada posisi yang aman di jalur paling kiri. Hindari menghentikan kendaraan persis setelah tikungan.
  2. Setelah berhenti, aktifkan hazard dan rem parkir.
  3. Ambil segitiga pengaman dan letakkan jauh di belakang mobil. Yang kami maksud dengan jauh adalah minimal 50 meter atau 10 kali panjang mobil. Meletakkannya terlalu dekat bisa membuat pengemudi lain tak sempat bereaksi menghindari mobil Anda.
  4. Siapkan kunci-kunci, dongkrak dan ban serep.
  5. Kendurkan baut saat mobil masih belum didongkrak.
  6. Dongkraklah mobil, dan setelah memungkinkan letakkan ban serep di kolong mobil. Ini untuk berjaga-jaga seandainya dongkrak jatuh.
  7. Setelah baut dilepas, lepaskan ban yang kempis dan letakkan di kolong menggantikan ban serep.
  8. Pasanglah ban serep dan kencangkan seluruh baut secukupnya sampai ban tak bergerak lagi. Pengencangan jangan berurutan, namun diberi selisih satu baut. Ini untuk meratakan momen pengencangan di tiap posisi.
  9. Keluarkan ban yang kempis dari kolong dan turunkan dongkrak secara perlahan.
  10. Setelah turun sempurna, kencangkan baut dengan kuat. Bila perlu injak kunci untuk memastikan baut terpasang kuat.
  11. Bereskan semua barang ke bagasi, baru setelah itu ambil segitiga pengaman. 12.    Jalankan mobil ke toko ban terpercaya untuk memperbaiki ban yang kempis sekaligus memastikan kekencangan baut dari ban yang tadi Anda pasang.












sumber:autobild.co.id 

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.