Monday, 20 January 2014

Tips Pasang Lampu HID Pada Mobil Toyota


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Lampu merupakan perangkat primer yang berfungsi menerangi jalan di hadapan kendaraan. Ia bukanlah aksesori, pun bukan merupakan perangkat tambahan. Karenanya lampu selalu tersedia sebagai perangkat standar dalam kendaraan.

Kali ini kami akan membahas mengenai salah kaprah pengunaan bohlam HID di headlamp dengan reflektor Halogen. Pasalnya, lampu HID atau High Intensity Discharge memiliki cara kerja yang berbeda dengan lampu Halogen. Lampu halogen berisi gas Halogen yang dipicu nyalanya dengan filamen (kawat pijar).

Berbeda dengan Halogen, Lampu HID berisi gas Xenon di dalamnya, ia akan menyala ketika dialiri listrik seperti lampu neon. Umumnya setiap kendaraan memiliki lampu Halogen sebagai lampu utama. Sedangkan untuk kendaraan yang lebih eksklusif atau lebih mewah, lampu HID sudah tersemat sebagai perangkat standar.

Lampu HID memiliki daya terang 3x lebih baik dari Halogen. Lampu HID menghasilkan terang 2.800-3.000 Lumen dengan daya listrik 35 watt. Bandingkan dengan lampu Halogen yang hanya menghasilkan terang 700-2.100 Lumen dengan kekuatan listrik yang sama.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Beda dimensi membuat pendaran cahaya headlamp menjadi kacau Titik fokus lampu Halogen dan HID tidak sama

Menurut Public Relation Officer PT. Toyota Astra Motor, Edi Apriyanto, memang hak pemilik kendaraan untuk melakukan penggantian lampu. Namun, pemilik perlu memahami konsekuensi dan resiko dari melakukan penggantian lampu ke HID.

"Mobil-mobil yang telah dilengkapi lampu HID tidak sekadar menggunakan bohlam yang berbeda, namun reflektor hingga mikanya pun menggunakan bahan yang berbeda untuk mengakomodir cahaya HID yang lebih kuat," ujar Edi.

Wajib Ganti Headlamp

Head Lamp terdiri dari banyak komponen mulai dari bohlam, reflektor, hingga mika atau kaca. Bohlam HID hanyalah satu komponen dari sistem lampu. Mengganti satu komponen, tak akan membuat pancaran cahaya optimal seperti mengganti keseluruhan komponen.

Iming-iming memiliki sinar lampu mobil yang lebih terang kerap menjadi lahan basah bagi produsen bohlam HID di Indonesia. Padahal hanya mengganti bohlam saja, dapat berefek buruk terhadap keselamatan berkendara. Alih-alih ingin lebih nyaman berkendara, malah perlu mengganti komponen headlamp dan membahayakan pengendara lainnya.

Tidak sedikit produsen bohlamp HID yang menyiasatinya dengan mengatur ulang arah lampu di kendaraan. Padahal itu tidak sepenuhnya benar, lantaran telah terjadi perubahan titik fokus sinar akibat perubahan posisi titik nyala bohlam dan sinar yang lebih terang hingga 3x tersebut. Saat berada di balik kemudi, memang hal itu tidak dapat Anda dirasakan, tapi bagi pengendara lain dari arah berlawanan, hal tersebut sangat menyilaukan.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Projector pun tidak menjamin saat dipasang di headlamp Halogen Ganti headlamp khusus HID
Tak hanya itu, mika untuk lampu HID juga disusun oleh material yang berbeda dengan mika untuk lampu konvensional. Hal itu disebabkan mika lampu HID harus tahan dengan pancaran cahaya yang lebih kuat meski memiliki daya listrik yang lebih rendah. Efeknya, suhu lampu meningkat dan rentan membuat mika menguning.

Lain lagi dengan sistem projektor, dimana lampu HID tidak mengandalkan reflektor untuk memancarkan cahaya, namun menggunakan lensa yang akan memfokuskan kembali cahaya yang dipancarkan.

Sebaiknya jika ingin melakukan penggantian lampu ke HID, gunakan juga reflektor dan mika yang sesuai. Bila perlu, ganti dengan model projektor tapi dengan catatan lampu projektor tersebut sudah tersedia lengkap dengan rumah lampu yang sesuai dengan mobil Anda.

Beruntunglah mobil-mobil yang standarnya telah menggunakan headlamp jenis projector seperti pada Toyota Rush atau Daihatsu Terios, Toyota Vios terbaru dan lainnya. Mobil-mobil tersebut dapat langsung mengadopsi bohlam jenis HID.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Pilih warna yang mampu diandalkan saat hujan dan malam hari

Lampu Bukanlah Aksesori Fashion !

Ini perlu dipahami, bahwa lampu bukanlah asesoris untuk menunjang penampilan kendaraan. Seperti kami sebutkan di awal, lampu merupakan perangkat utama untuk menerangi kondisi jalan di depan mobil.

Lampu HID memang menawarkan lebih banyak pilihan warna cahaya. Saat ini, pilihan temperatur warna yang disediakan produsen lampu sudah sesuai dengan aturan pemerintah tentang lampu kendaraan yakni mulai dari putih, atau kuning muda. Karenanya temperatur warna yang beredar pun berkisar di warna tersebut 3.000-4.300 k (kuning muda) dan 6.000-8.000 k (putih).

Menggunakan warna lampu putih, tentu saja menyajikan penampilan mobil yang lebih stylish. Namun warna putih sejatinya tak dapat menembus kabut dan hujan.

Kami menyarankan agar Anda tetap mengutamakan fungsi lampu sebagai perangkat penerangan dengan mengutamakan keamanan. Karenanya pilihlah lampu HID dengan warna kuning muda. Warna kuning muda pada dasarnya memiliki kemampuan menembus kabut dan hujan lebih bagus.
http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Perbedaan reflektor untuk Halogen (kiri) dan HID (kanan). Terdapat penahan agar pendaran cahaya tidak menyilaukan













sumber:autobild.co.id

2 komentar

wah jadi kita juga harus ganti headlamp juga kalau mau pasang HID yah
sekalian sama projectornya biar ga silauin orang lain hehe :))

yup betul sekali agan ardi, kita harus ganti headlamp,

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.