Monday, 13 January 2014

Sejarah Panjang Mobil Toyota Corolla di Indonesia Jilid 1


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Siapa yang tak kenal dengan Corolla Twin Cam, Great Corolla atau Corolla DX? Ini adalah generasi-generasi dari sedan Toyota paling populer di Indonesia.

Sejarah sedan ini cukup panjang sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1971. Dan hingga kini Toyota Corolla telah mencapai generasi ke-11.

Banyak konsumen Indonesia menggemari model Corolla karena karakternya yang dikenal handal, bandel dan irit bahan bakar minyak.

Corolla boleh dibilang menjadi saksi bisu bagaimana industri otomotif tanah air tumbuh. Ya seperti halnya nama Corolla yang berarti mahkota bunga.

Karena pamor tadi maka tak heran jika Corolla jadi pilihan keluarga Indonesia. Nah, dari tahun ke tahun model Corolla terus berubah.

Kini model Corolla mengalami perubahan cukup signifikan. Toyota Corolla meninggalkan pakem jadul, tampil lebih mewah dan makin agresif desainnya.

Tentu dengan segala perubahan sedan ini semakin enak untuk dibahas. Yuk kita bahas perubahan Corolla dari tahun ke tahun.

Generasi pertama di Jepang
http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Generasi pertama Corolla dirilis tahun 1966 di Jepang. Mobil ini belum masuk ke Indonesia saat itu.

Corolla awalnya akan menggunakan mesin 1.000 cc, namun Toyota akhirnya memutuskan untuk memasang mesin 1.100 cc. Tadinya Corolla hanya memiliki 2 pintu, namun terus dikembangkan menjadi 4 pintu serta coupe yang dinamai Levin.

Di akhir masa generasi pertama, Corolla menggunakan mesin 1.200 sampai 1970.
Bagaimana generasi kedua dan berikutnya dari Corolla yang masuk ke Indonesia? Yuk kita simak!


http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Model 1970-1974
Toyota Corolla pertama kali datang ke Indonesia pada 1970. Saat itu Corolla yang masuk ke Indonesia sudah masuk generasi kedua Toyota Corolla. Corolla dirakit di Indonesia pada Desember 1971 dengan model 4 pintu.

Mobil ini dibekali mesin 3K 1.200 cc dengan sistem transmisi 4 percepatan manual. Saat itu Toyota menyebutnya model Corolla KE20.

Corolla satu ini menggunakan lampu depan bulat yang menjadi ciri khas kendaraan tersebut.

Pada 1972 Toyota melakukan penyegaran pada Corolla. Lampu sein yang semula menyatu dengan lampu belakang dipisah dan diganti dengan warna oranye.

Toyota Corolla dianggap sedan bandel di masa itu. Mobil tersebut tidak hanya sebagai kendaraan pribadi. Pada saat itu, Corolla menjadi armada taksi di Indonesia.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Model 1974-1979
Memasuki 1975, Toyota memperkenalkan Corolla generasi ketiga. Masih tetap sedan 4 pintu. Di Jepang generasi ke-3 Corolla diperkenalkan pada 1974. Saat itu Toyota Corolla mendapat julukan Corvet atau Corolla Veteran. Mesinnya 3K dengan kapasitas 1.200 cc.

Toyota mempermak Corolla selang 2 tahun kemudian. Corolla mengalami facelift dengan perubahan yang diakui Toyota sangat signifikan di bagian depan dan belakang. Bagian depanny tepatnya pada grille dan lampu depan lebih lebar. Di masanya itu, Corolla dijuluki si bibir merah karena ada aksen merah pada lampu depan.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Model 1979-1983
Toyota Corolla mengalami perubahan besar-besaran di 1980 atau generasi keempat. Toyota menyebutnya Toyota Corolla DX. Bodi Corolla DX mengusung desai kotak. Corolla DX menggunakan mesin 1.300 cc berpenggerak roda belakang dan diluncurkan Maret 1980.

Di 1980, produksi Toyota Corolla DX menembus rekor tertinggi mencapai angka 2.346 unit di seluruh dunia. Generasi keempat Corolla ini dikembangkan sejak 1974 di bawah asuhan Chief Engineer Fumio Agetsuma dengan konsep kendaraan ekonomis, kabin nyaman dan lapang. Sedan berkode KE70 ini diperkernalkalkan di Jepang pada 1974.

Corolla DX terus berevolusi, modle pertama DX memakai lampu bundar pada 1981, dan kemudian dilanjutkan perubahan pada lampu depan dan belakang pada 1982. Dipertengahan 1983, Corolla DX mengalami perubahan sangat signifikan pada bumper.

Model terakhir diperkenalkan di Indonesia dengan nama Corolla DX Plus.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com
Model 1983-1987
Setelah kematian Corolla DX, Toyota menghidupkan Corolla GL berpenggerak roda depan atau generasi ke-5. Berpindahnya dari roda gerak belakang ke depan cukup membuat konsumen kaget saat itu. Tapi Toyota mengakui hadirnya Corolla FWD agar lebih efisien, lebih nyaman dan lapang.

Corolla GL menggunakan mesin 2A kapasitas 1.300 dikawinkan transmisi 5 percepatan manual. Pada 1985 Toyota menyegarkan Corolla GL. Saat itu mengusung mesin baru 2E 1.300 cc 12 valve.

Untuk kelanjutan sejarah pajang altis corolla anzoners bisa baca di sejarah panjang altis corolla jilid 2

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.