Wednesday, 15 January 2014

Mengetes "Black Box" Pada Mobil Toyota


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Kecelakaan di jalan kerap menimbulkan kerugian hingga jatuhnya korban jiwa. Penyebabnya pun sering tak terselesaikan lantaran ketiadaan saksi. Begitu pula informasi yang diberikan oleh pelaku maupun saksi sering simpang siur, tak logis ataupun tak terbukti kebenar­annya.

Memang pihak berwajib sudah memasang banyak kamera CCTV sebagai ‘saksi mata' elektronik di berbagai sudut jalan. Namun ada baiknya jika kita sebagai pemilik kendaraan bersiaga dengan menggunakan kamera perekam perjalanan di kendaraan.

Blackvue, produsen alat keamanan asal Korea yang menghadirkan produk  perekam perjalanan yang multifungsi dengan beragam fitur. Kami pun penasaran ingin melihat sejauh mana Blackvue DR500GW-HD ini memberi data informasi yang dibutuhkan se­bagai sebuah black box atau alat perekam.

Kamera perekamnya memiliki kemampuan rekam dengan kualitas gambar High Definition (HD). Perangkat ini juga dapat merekam suara yang ada di kabin. Jadi Anda bisa mendengarkan rekaman percakapan orang yang menggunakan mobil Anda.


Metode Pengetesan

Cara paling tepat untuk menge­tahui kemampuan alat ini adalah dengan mencoba seluruh fiturnya. Kami pun menguji perangkat ini un­tuk merekam gambar selama perjalanan. Fitur ini memungkin­kan untuk mendapatkan rekam je­jak perjalanan lengkap dengan po­sisi koordinat kendaraan dari GPS sejak proses rekam dimulai. Termasuk kecepatan dan gaya gra­vitasi kendaraan sehingga dapat memantau arah benturan yang terjadi pada kendaraan jika kecelakaan.

Merekam saat kendaraan parkir. Dengan fitur ini, kamera akan aktif merekam situasi di depan dan kabin mobil ketika kamera mendeteksi adanya pergerakan di hadapannya. Ketika tak ada pergerakan, kamera akan berada dalam kondisi mati.

Lalu proses mengakses data. Blackvue menyediakan memori penyimpanan16 GB lengkap dengan aplikasi untuk memutar ulang data via komputer dan gadget via koneksi Wi-fi. Namun membutuhkan software yang bisa diunduh di Appstore atau Google PlayStore.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Kesimpulan

Desain kamera ini cukup praktis dengan bentuk tabung dan tak menarik perhatian, sehingga tak menjadi distraksi ketika dipasang di kaca depan. Penggunaannya pun mudah,  lantaran kamera akan aktif dengan sendirinya mengikuti pergerakan kendaraan.

Data rekaman pun dipisah secara otomatis dalam 3 jenis video yakni perjalanan, parkir, dan insidental (event). Ketika kendaraan diparkir, kamera juga merekam secara otomatis saat terdeteksi adanya pergerakan yang tertangkap lensa kamera. Baik kendaraan atau orang yang lewat di depan mobil memicu kamera untuk merekam selama satu menit.

Proses akses data rekaman juga mudah. Fitur Wi-fi-nya memberi konektivitas dengan smartphone yang kami gunakan sehingga mudah untuk akses data rekaman. Jadi Anda bisa segera mengecek via gadget saat dibutuhkan. Bahkan ketika data diakses via komputer, Anda akan dapat mengetahui data lebih detail. Interface software di komputer memudahkan pengguna mengakses berbagai informasi.

Kualitas gambar pun cukup bagus. Pelat nomor mobil lain dan wajah orang yang lewat hingga 10 meter di depan kendaraan jelas terpantau. Fitur zoom dapat digunakan ketika mengakses data di komputer. Sudut pandang yang mencapai 152 derajat menyajikan pandangan lapang bahkan di sudut yang tak terlihat dari posisi pengemudi

Kualitas suara pun patut diacungi jempol. Rekaman suara percakapan kami di kabin terdengar dengan baik ketika video diputar.

Memang pemasangan alat ini cukup rumit dan harus dilakukan teknisi Blackvue agar sensor G sesuai dan mampu merekam data secara akurat. Selain itu Anda perlu membeli alat tambahan berupa penyedia listrik (Power Magic) ketika kendaraan dalam kondisi parkir agar kamera tetap dapat merekam.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com













sumber:autobild.co.id

2 komentar

Brp pasang kamera gini gan?? Hub 081311438601

Brp pasang kamera gini gan?? Hub 081311438601

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.