Tuesday, 7 January 2014

Info Toyota : Prius Sediakan Kehangatan Saat Badai Salju




http://anzontoyotamurah.blogspot.com


Badai salju yang melanda Amerika Utara menyebabkan listrik padam disejumlah tempat, termasuk di Tornhill, Ontario, Canada pada akhir Desember lalu. 

Akibatnya banyak keluarga yang menderita karena tanpa pemanas, gelap dan refrigerator tidak bisa menyimpan makanan.

Tapi ada satu rumah yang tetap terang, hangat dan penghuninya bisa bersantai menonton televisi. Rumah itu milik pensiunan teknisi Angkatan Udara bernaam Bob Osemlak. Dari mana dia mendapatkan listrik ? Ternyata dia memanfaatkan listrik yang disimpan di baterai Toyota Prius untuk bertahan dalam badai salju itu.

Dengan keahlian tekniknya yang terasah selama lebih dari tida dekade dinas di Angkatan Udara, dia memiliki kemampuan untuk mengkoneksikan listrik rumahnya dengan sistem baterai Prius. 

Energi listrik dari baterai itu dipakai untuk menghidupkan pemanas ruangan. Ketika sudah hangat, energi listrik dialihkan utuk lampu dan tv.

Jika hanya digunakan untuk lampu dan tv, energi listrik yang tersimpan dibaterai Prius bisa digunakan cukup lama. Hampir sembilan jam dia menggunakan listrik di baterai Prius. 

Untuk mengisi baterai itu, sesekali mesin di hidupkan untuk menggerakkan generator pembangkit listrik yang ada di sistem hybrid Prius.  Nah, dari pengamatan kakek Bob itu, konsumsi bahan bakar yang dihabiskan Prius kurang dari satu galon.

Putrinya Robyn tidak menduga ayahnya akan punya rencana itu saat lampu padam. "Prius memberinya kehangatan, hiburan, dan makanan segar dan semua itu dilakukan saat listrik padam," katanya pada thestar.com.

Lewat tengah malam, lampu hidup kembali. Esok harinya, Osemlak membawa Prius ke SPBU untuk mengisi bensin guna berjaga-jaga jika badai datang lagi.

1 komentar:

Sayangnya, saat ini beredar berita duka seperti halnya dimuat dalam berita http://bit.ly/1bZuXLF , bahwa Toyota mengatakan bahwa pihaknya sedang menarik 1,9 juta mobil hybrid Prius-nya di seluruh dunia. Penyebab penarikan Toyota Prius ini adalah karena kesalahan yang dapat menyebabkan kendaraan melambat tiba-tiba.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.