Tuesday, 31 December 2013

Toyota Corolla Tak Lagi Pakai Mesin 2.000 cc

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Mengusung nama besar sedan Corolla sebagai salah satu sedan terlaris di dunia, Toyota meyakini model anyar Corolla bakal diterima di Indonesia.
Namun ternyata untuk Indonesia, Toyota menurunkan kapasitas mesinnya, tidak ada lagi Corolla 2.000 cc, hanya 1.800 cc saja.

Beberapa alasan dibeberkan oleh GM Corporate Planning and Public Relation PT TAM, Widyawati Soedigdo.

"Tidak ada Corolla 2.0 liter. Dulu Corolla pernah menjual mesin 2.0 liter. Tapi agak mepet dengan sedan Camry. Camry ada yang mesin 2.4 liter, orang mending nambah sedikit dan dapat Camry," kata Widyawati di Jakarta.

Selain itu, pasar sedan yang terus mengecil di Indonesia mengganjal jalan mulus sedan Corolla 2.000 cc. Toyota pun tidak mau ambil risiko dan hanya menawarkan sedan Corolla 1.800 cc.

"Di Indonesia total sedan cuma sekitar 2 persen sekarang. Dan pemain banyak dan itu berdarah-darah, kompetisinya ketat sekali. Di awal-awal 10 persen di 10 tahun lalu, terus turun ke 6 persen, dan turun terus. Sekarang tinggal 2 persen," yakin Widya.

Alasan ini tentu tidak sejalan dengan rencana Toyota Indonesia yang berencana merakit sedan Vios di Indonesia. Bahkan Toyota Indonesia terlihat bangga dengan produksi Vios di Indonesia.

Menanggapi kondisi ini, Toyota seperti yang dijelaskan Widya memiliki strategi pemasaran lain. Disebutkan Widya, rencana perakitan sedan Vios di Indonesia karena pasarnya terbuka lebar.

"Kenapa produksi sedan Vios di sini? Vios itu pasar paling gede, dan mostly gedenya di taksi segmennya itu di taksi. Gambaran saja Taksi sebulan itu kira-kira 1.000 unit per bulan, Vios sekitar 400-500 unit. Sementara sedan Corolla 150 per bulan. Dan ini jauh sekali. Mengapa kita produksi Vios di Indonesia ya karena itu," yakin Widya.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.