Sunday, 15 December 2013

Toyota Avanza Tidak Anggap Pesaing Saling Jatuhkan


Bandung - Melihat keberhasilan Toyota Avanza, pesaing Toyota di tanah air seperti berburu-buru mengeluarkan produk mobil keluarga serba guna yang sejenis. Sebut saja seperti Suzuki Ertiga. Namun Toyota tidak menganggap pesaing-pesaing itu sebagai pesaing yang harus dijatuhkan.

"Justru kalau ada produk setipe itu akan marak lah pasar. Kita harus berpedoman seperti itu. Sebagai contoh Kawasaki ngeluarin motor besar, dia pasarnya segitu saja, tapi setelah Honda mengeluarkan CBR, pasar Kawasaki tidak turun tapi malah naik, begitu juga Suzuki dengan Inazuma, kalau tidak ada itu repot," ujar ujar Korwil After sales Toyota Auto2000 Bandung Suparna dalam sesi coaching clinic smart driving Toyota Avanza di The Coffee Bean, Trans Studio Mal, Bandung, Sabtu (15/12/2012).

Lebih lanjut Suparna melanjutkan, merek tetangga tadi, belum lah mengganggu penjualan Avanza. Semenjak ada pesaing itu justru penjualan Avanza terkerek naik.

"Kenyataannya dari dulu jualan kita di 2009 sekitar 12.000 unit per bulan, tahun ini dalam dua bulan terakhir mencapai 17.000 hampir 18.000 artinya apa? Kita tidak terpengaruh, itu enggak apa-apa cuma memang akan kembali ke pengguna, masyarakat sendiri kira-kira masyarakat yang cocok itu yang mana," ujarnya.

Dalam dunia otomotif justru kadang pabrikan saling bantu membantu dalam menyediakan suku cadang.

Dia mencontohkan ketika pabrikan mobil di AS tengah mengalami krisis keuangan yang menyebabkan kebangkrutan, pemerintah AS saat itu berjuang mati-matian agar mereka bisa dipertahankan.

"Karena itu bisa mati bersama, supliernya banyak, jadi tidak ada yang kompetisi murni, bahkan saling bantu, saling berbagi teknologi," ujarnya.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.