Monday, 30 December 2013

Tips Toyota : Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyetir Mobil


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Sebelum menyetir mobil, banyak yang harus diperhatikan agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai mengemudikan kendaraan?

Pembalap dari Toyota Team Indonesia (TTI) Alinka Hardianti menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan seseorang sebelum memulai mengemudikan kendaraan.

Menurut dara manis ini, hal pertama yang harus diperhatikan itu diri sendiri sendiri. Pengemudi harus sehat dari jasmani dan rohani.

"Kalau orang capek itu bisa mempengaruhi otaknya jadi mengemudi tidak akan konsen kalau di antara jasmani dan rohami ada yang bermasalah," kata Alinka di sela-sela acara Coaching Clinic 10 Tahun Avanza, Minggu (15/12/2013).

Selain itu, hal lainnya seperti mengecek kondisi ban. Cobalah cek atau melihat ban, dari depan mobil, disiru lihat lekukan ban kalau melekuk kurang angin dan kalau tidak itu normal.

"Tapi adanya baiknya Anda selalu mengecek tekanan angin," ujarnya.

Hal lainnya, carilah posisi berkendara yang nyaman bagi Anda. Hal itu agar pengemudi bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Seperti jarak setir dan kaki dengan pedal gas, rem dan kopling.

"Saya ingatkan kalau menginjak pedal rem dan gas itu pakai kaki kanan saja. Kalau pakai kaki kiri tidak aman," katanya lagi.

Dijelaskan Alinka, posisi yang nyaman dan aman itu harus mencapai kopling yang paling dalam. Posisi setir harus berada di angka jam 12.

"Kenapa harus tangan kita di antara jam 12? Itu karena kalau kecelakaan jangkauan tangan kita paling terjauh. Kenapa tangan tidak terlalu dekat? Akan menggangu saat bermanuver lagi, kalau stir terlalu belok, kita akan susah bermanuver karena terlalu ribet," ujarnya.

Untuk jarak dari dada sama stir itu ada baiknya, lanjut Alinka berjarak sekitar 40 cm, kemudian simpan tangan di setir dengan posisi di jam 12.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.