Thursday, 21 November 2013

Tips Toyota Menderek Mobil Yang Aman

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Mobil mogok bukanlah pengalaman keseharian, tetapi bukan tidak mungkin Anda suatu saat mengalaminya. Ada beberapa hal yang perlu dicermati agar proses menderek menjadi lebih aman bagi Anda, si penderek, serta pengguna jalan lain. Terutama jika Anda menggunakan bantuan selain mobil derek khusus. 



Tali penarik

       Membawa tali penarik di bagasi mobil sangat bermanfaat pada kondisi tak terduga seperti ini. Di pasar, tersedia berbagai jenis tali penarik dengan beragam material dan model pengait. Mulai dari nylon  hingga serat baja yang dianyam.

http://anzontoyotamurah.blogspot.com

       Pemilihannya, material nylon  yang elastis lebih memudahkan dalam penyimpanan. Anda bisa menyesuaikan dengan bobot kendaraan dan sebisa mungkin menggunakan warna terang agar mudah terlihat pengguna jalan lain baik siang maupun malam hari.

Bobot kendaraan

       Sebaiknya bobot mobil penderek lebih besar dari mobil yang diderek atau setidaknya sekelas. Mengetahui bobot kendaraan tertera pada buku manual. Perlu diingat bahwa penambahan bobot dapat mempengaruhi kemampuan manuver mobil.

Lokasi pengait

       Penentuan lokasi pengait juga penting. Beberapa mobil baru saat ini sudah dilengkapi pengait (hook) pada moncong dan di bawah bumper belakang. Lihatlah buku manual untuk lebih detail. Terpenting, jangan mengikat tali di bumper atau suspensi karena kedua komponen itu takkan kuat menahan bobot kendaraan.


Atur jarak antar mobil

       Mengatur jarak antara mobil penderek dan yang diderek menjadi poin penting berikutnya. Aturlah panjang tali penarik tidak lebih dari 4,5 meter atau setidaknya sama panjang dengan bodi mobil yang diderek.

       Sehingga dapat memberi kesempatan mobil yang diderek untuk bermanuver atau mengerem. Selain itu, untuk menjaga agar tidak ada kendaraan lain atau orang yang melintas di ruang di antara kedua mobil. Anda juga bisa memberikan tanda peringatan yang mudah dilihat pada tali. Misalnya, dengan mengikatkan pita atau kain berwarna terang.

       Dalam proses menderek, upayakan tali selalu dalam kondisi tegang. Sehingga tidak menimbulkan entakan ketika mulai bergerak dari posisi berhenti atau menambah kecepatan. Upayakan juga menginjak pedal gas dan melepas pedal kopling sehalus mungkin sehingga tidak ada entakan keras dan aturlah laju dengan konstan.

Gunakan lampu

       Pastikan semua lampu pada mobil penderek dan diderek berfungsi. Sebaiknya tidak menyalakan lampu hazard selama berjalan baik bagi mobil penderek maupun yang diderek.



       Aktifkan lampu hazard ketika mobil berhenti saja. Jika terus diaktifkan, pengguna jalan yang lain tidak akan tahu jika Anda ingin belok atau bermanuver. Gunakan lampu sein jauh sebelum mulut tikungan.

       Sebagai penanda sedang menderek, mobil penderek bisa menyalakan lampu utama (low beam) di siang hari. Sementara jika ada masalah, pengemudi mobil yang diderek bisa memberi sinyal dengan lampu jauh atau klakson kepada pengemudi di depan. Untuk pemantauan, sebelum memulai perjalanan, pengemudi mobil penderek mengatur semua spion yang dapat melihat bodi mobil yang diderek.


Buat kesepakatan

       Pastikan rute yang akan ditempuh. Sehingga tak ada yang kaget terhadap manuver yang tiba-tiba. Sebisa mungkin hindari rute dengan jalan rusak, banyak persimpangan, menanjak atau turunan.

       Membuat kesepakatan tentang penggunaan lampu juga lebih baik. Semisal untuk kondisi pengereman. Pengemudi mobil penderek bisa memberi tanda lampu rem satu hingga dua kali sebelum benar-benar mengerem sebagai langkah preventif.

       Kesepakatan juga dilakukan untuk menentukan berapa kecepatan yang ditempuh. Umumnya, sekitar 30 km/jam di jalan raya. Sementara mobil dengan transmisi otomatis bisa diderek dengan tuas persneling pada posisi ‘N’, dan jarak tempuh tidak lebih dari 50 km.






 
sumber: autobild.co.id  

2 komentar

Aduh Bapak heri ini bisa Saja mencari gambarnya, kok ya gitu...?

HEHEHE menarik sekali #gambarnya
thanks gan sangat membantu dan bermanfaat buat JASA DEREK JOGJA

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.