Thursday, 7 November 2013

Tips Toyota Dongkrak Tenaga Mesin Diesel Fortuner


http://anzontoyotamurah.blogspot.com

Hello pengunjung setia Blog Anzon Toyota Tambun ini ada Tips dan Trik Dongkrak Tenaga Mesin Diesel pada Toyota Fortuner,
 Dalam kondisi standar, Toyota Fortuner VNT menghasilkan output 143 dk dengan torsi maksimal 350 Nm. Cukup untuk menghelat dirinya berakselerasi 0-100 km/jam dalam 12,42 detik.

Tapi bagi sebagian orang, angka itu belum tentu memuaskan. Mereka yang menyukai tenaga besar akan mencari cara untuk menaikkan tenaga. Di dunia diesel modern, salah satu cara mudah dan efektif adalah instalasi piggyback.

Prinsip utama piggyback adalah menipu sensor-sensor se­perti putaran mesin, injektor, voltase dan sejumlah parameter lain, sehingga mesin mendapat input lebih optimal. Hasil olahan dari input yang dimanipulasi itu nantinya akan menghasilkan output lebih besar.

Asyiknya, ins­talasi piggyback dapat dilakukan pada mesin standar. Memang akan lebih besar hasilnya jika diikuti modifikasi komponen lain seperti turbo, intercooler dan lainnya. Tapi dengan kondisi standar pun hasilnya sudah signifikan.

http://anzontoyotamurah.blogspot.comPiggyback yang kami tes adalah Diesel Monster Max dari ECU-SHOP. Perangkat yang diimpor langsung dari Thailand ini kondang di kalang­an modifikator diesel Tanah Air. Salah satunya adalah Theodorus S. dari Rev Engineering. “Dipa­sang pada mesin standar, tenaga meningkat 50% lebih. Tergantung hasil tuning,” ucap Teddy, sapaan akrabnya.

Diesel Monster Max punya 2 jenis, yaitu KD Series yang diperuntukkan bagi mesin-mesin diesel Toyota seperti 1KD dan 2KD (Innova, Fortuner, Hilux), dan Universal untuk mesin diesel Mitsubishi, Chevrolet atau Ford. Harganya Rp 13 juta, termasuk instalasi dan tuning.

Metode Pengetesan
Kami menggunakan Toyota Fortuner VNT sebagai medium uji coba. Dari hasil dynotest Dastek di bengkel REV Engineering, Fortuner diesel VNT yang dites ini memiliki tenaga 170 dk pada 4.000 rpm dan torsi 370 Nm di 2.800-3.000 rpm. Ini sekaligus menunjukkan dari awal ada perbedaan hasil tes dyno dengan angka di brosur.

Pengetesan ini fokus pada output tenaga yang dihasilkan. Sehingga perbandingan yang ada hanya tenaga dan torsi, bukan parameter lain seperti konsumsi BBM.

Kesimpulan
Setelah dipasang dan di-tune, piggyback langsung menunjukkan hasilnya. Pengetesan Toyota Fortuner VNT mengha­dirkan figur 240 dk di rentang 3.500-4.000 rpm dengan torsi 540 Nm pada putaran 2.800 rpm. Tenaga meningkat 70 dk atau setara dengan kenaikan 70%.

Torsi pun demikian. Dari 370 Nm menjadi 540 Nm adalah peningkatan 68 %. Lag turbo pun berkurang signifikan karena output besar sudah muncul sejak putaran rendah. Hasil istimewa untuk mesin yang seluruh komponennya standar. Apalagi ada warranty 5 tahun selama bukan kerusakan karena banjir.

Bagaimana Tips nya semoga bermanfaat, jangan lupa isi komentar nya ya, dan baca posting yang lain juga,Terima Kasih.

1 komentar:

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.