Wednesday, 23 October 2013

Toyota New Vios, Teman Kemah yang Menyenangkan





Perubahan konsep Holiday Test Drive di 2013 mengharuskan saya untuk menggunakan All-New Toyota Vios. Meski ini bukan tema kendaraan liburan saya, namun Small Sedan terbaru Toyota tetap menawarkan value berita menarik bagi pembaca setia Anzon Toyota.

Apalagi ini akan menjadi cerita seru bagi ‘si kecil’ Berryll Arsennio, lantaran ia begitu terobsesi pada Toyota Vios. Bila dibandingkan de­ngan pendahulunya, tentu Vios terbaru ini menawarkan cukup banyak inovasi terkini.

Seperti dugaan saya, sejak kehadiran Vios gen3 hadir di garasi rumah, ‘si kecil’ kerap memban­dingkan dengan Vios gen2 yang menjadi kendaraan kebanggaannya. “Wih, keeleeen pop pios na”, ujarnya mengomentari disain eksterior All-New Vios.

Kegiatan outdoor akan me­warnai liburan lebaran kali ini. Beragam persiapan untuk menik­mati keindahan alam dari dekat sudah dipersiapkan dengan matang. Dari membeli tenda dan perlengkap­annya, hingga mencari lokasi yang tepat.

Akhirnya camping ground Batu Tapak, Sukabumi menjadi pilihan kami sekeluarga. Alasannya cukup simpel, fasilitas dan kemudahan akses menjadi skala proritas, mengingat saya akan menggunakan All-New Vios untuk menuju lokasi ter­sebut.

Bagasi lapang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan pada unit tes ini. Beragam perlengkapan kemping pun dapat tertata rapi sehingga kenyamanan di kabin tidak terganggu.

Setelah semua siap, perjalan­an pun dimulai. Aura kabin yang lapang kian membuat nyaman perjalanan. Apalagi tipe G yang merupakan tipe termahal dari Vios ini telah mengadopsi headunit berbasis android. Alhasil, selama diperjalanan pun, informasi lalu lintas dapat kami pantau via internet. Saat tidak digunakan, tentu giliran kedua buah hati saya menikmati film animasi sebagai hiburan.


Kondisi jalan yang sepi saat pagi hari membuat mesin legendaris Toyota 1NZ-FE 1.497 cc, mampu memberi performa optimalnya di jalan bebas hambatan. Mapping baru komputer pun berperan positif saat mene­mukan kepadatan di daerah Ciawi, Bogor. Dalam kondisi ‘stop and go’ terasa lebih halus dari pendahulunya.

Setup suspensi pun terasa lebih empuk dari Vios gen2. Cukup terasa perbedaannya terutama bagi penumpang belakang. Dan tak kalah penting adalah posisi pengemudi. Bila saya memerlukan bucket seat di Vios gen2 agar memperoleh posisi mengemudi yang rendah, kini semuanya terasa pas.

Memasuki jalan berliku, handling Vios terbaru terasa mum­puni. Pasalnya, di tipe termewah ini telah mengadopsi ban berukuran 16 inci. Pun begitu saat melewati jalan kecil menuju Batu Tapak, Sukabumi, ia tetap terasa lincah.

Satu yang disayangkan ada­lah hilangnya lampu kabin tengah. Jadi penumpang belakang cukup kerepotan saat memerlukan penerangan ketika perjalanan malam hari.

Untunglah suasana kem­ping berlangsung sempurna. Gemericik air memberi ketenangan dan mampu melupa­kan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Sebuah liburan yang menyenangkan dengan sebuah kendaraan impian.



TIPS HEMAT BBM


Patuh Indikator Eco
Bermodalkan mesin 1.498 cc 4-silinder dan telah dilengkapi katup variabel serta throttle by wire, cukup memberi kontribusi positif terhadap konsumsi BBM. Karakter mesinnya sudah cukup kuat sejak diputaran rendah. Inilah yang membuat 1NZ-FE handal untuk berada di kondisi ‘stop and go’.

Ditambah, pada Vios terbaru ini kini telah dilengkapi dengan indikator ECO di panel instrumen. Alhasil, saya hanya perlu menjaga injakan pedal gas agar ia tak sering padam saat berkendara.

Meski bobot kendaraan hampir selalu mendapat beban penuh, namun indikator MID menampilkan angka 10,1 km/l atau berselisih 1,7 km/l dari data tes regular kami yang mencatat angka 11,8 km/l.

Sedangkan dengan metode full to full, total jarak tempuh 366,4 km selama liburan ini, hanya memerlukan bahan bakar berjumlah 37,6 liter. Atau dengan kata lain mencatat angka 9,74 km/l. Otomatis, biaya per kilometer liburan saya kali ini hanya Rp 975,36/km. Cukup terjangkau kan?






sumber : autobild.co.id 

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.