Friday, 25 October 2013

Toyota Nav1 Goes to Bandung

Bandung memang menjadi kota tujuan untuk menghabiskan liburan. Bertaburnya wisata kuliner dan berbelanja di factory outlet menjadi daya pikat turis domestik. Selain itu, jarak yang tidak terlalu jauh dengan Jakarta dan Bogor menjadi keuntungan.

Holiday Test Drive (HTD) kali ini, kami menuju Bandung untuk berwisata kota dan mengunjungi sanak saudara di Cimahi. Tujuan lainnya, ingin launching alias memperkenalkan anak perempuan kami yang baru berusia empat bulan ke saudara-saudara di Bandung.

Satu hari sebelum berangkat ke Bandung kami meren­canakan perjalanan secara matang, meleset sedikit soal jam keberangkatan, maka akan terjebak macet. Karena kunjungan kami ke Bandung tepat hari Sabtu (10/08), puncaknya liburan di daerah Puncak, Bogor.

Yups, kami berangkat dari Bogor melewati, Puncak, Cipanas, Cianjur dan Padalarang. Jalur tersebut dipilih lantaran sudah lama sekali tidak melewatinya setelah ada tol Cipularang. Akhirnya kami memutuskan berangkat ke Bandung pukul 04.00 WIB.

Ternyata bukan hanya saya saja yang merasa nyaman mengendarai Nav1, istri dan adik ipar sebagai penumpang pun merasakan kenyamanan di dalam kabin. Sampai buah hati saya tertidur selama perjalanan di pangkuan ibunya. Selain bantingan lembut, kenyamanan juga datang dari akomodasi kabin dengan legroom lega.

Di dalam mobil terdapat enam penumpang, empat orang dewasa, satu anak kecil umur dua tahun, dan Si Kecil berusia empat bulan. keponakan saya yang bernama Sigie pun turut menikmati perjalanan di bangku captain seat.

Berangkat dari Bogor pukul O4.00 WIB merupakan keputusan tepat. Alhasil tidak menemui kemacetan yang kami khawatirkan di daerah Puncak. Tetapi kemacetan tersebut terjadi di daerah Cipatat, sebelum Padalarang. Untungnya, hanya 1,5 jam kami tertahan disana, setelah itu jalan kembali lancar.

Memasuki jalur Padalarang yang didominasi tikungan tajam dan tanjakan curam. Teknologi Valvematic dengan Dual VVT-i dan kapasitas mesin 1.986 cc, menghasilkan pergerakan dan perpindahan gigi yang halus saat dikendarai. Tanjakan di jalur Padalarang pun dapat dilalui dengan mudah.

Sedikit catatan bagi headrest tengah di kursi baris ketiga. Bentuknya yang lebar dan besar memang nyaman bagi kepala, tapi agak menghalangi pandangan.

Asyik mengendarai Toyota Nav1 dengan Spesifikasi yang sangat lengkap, akhirnya kami sampai di Ban­dung pukul 09.00 WIB. Singgah di SPBU Pertamina di daerah Pasteur untuk mengisi Pertamax, sekaligus kami jadikan waktu rehat. Setelah itu, kami lanjutkan menuju Punclut, Ciumbuleuit untuk makan siang.

Setelah itu, kami bermalam di rumah saudara di daerah Cimahi. Karena esok harinya (11/08) berkunjung ke Sukabumi melalui jalur Cianjur.

TIPS HEMAT BBM

Manajemen Perjalanan
Manajemen perjalanan perlu diterapkan di musim liburan seperti Lebaran Idul Fitri. Saat weekdays Bogor-Bandung bisa ditempuh 3-4 jam melewati jalur Puncak dan Padalarang. Tetapi jika weekend atau hari libur nasional perjalanan ke Bandung bisa molor hingga 6-7 jam.

Karena membawa anak balita dan untuk menghemat BBM, kami memutuskan berangkat pukul 04.00 WIB. Cara tersebut ampuh, karena kami tidak menemui kemacetan berarti yang menguras bensin.

sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.