Friday, 25 October 2013

Tips Pasang Spion Lipat Elektris Mobil Toyota



Sebagian mobil baru sekarang ini sudah dilengkapi dengan spion retractable. Alat tersebut berfungsi untuk melindungi kaca spion mobil dari kemungkinan tergores atau patah akibat benturan benda keras baik saat melaju di area sempit atau sedang parkir.

Bagi mobil Anda yang belum dilengkapi dengan  spion retractable tidak perlu khawatir, sekarang sudah tersedia retractable aftermarket milik Toyota Avanza, Toyota Innova, Toyota Rush, dan Toyota Fortuner.

“Kami baru menyediakan retractable spion mobil merek Toyota, karena permintaan retractable dari mobil-mobil tersebut cukup banyak dari pelanggan. Kemungkinan kami akan mendatangkan retractable untuk mobil merek lain jika permintaan banyak,”

Harga yang ditawarkan untuk alat tersebut cukup bervariasi, yaitu Rp 1,25 juta sampai Rp 1,6 juta tergantung jenis mobil. “Untuk harga tertinggi kami menyediakan retractable yang dilengkapi dengan remote, jadi bisa dikendalikan dari jarak jauh jika mobil sedang parkir,

Door trim musti dibuka lebih dulu Benturan tak membuat mekanisme pelipatan rusak
Motor pengatur kaca spion masih memakai komponen orisinilanya

Menariknya, retractable aftermarket tersebut cukup elastis. Artinya bila terbentur dari arah depan atau belakang bisa dikembalikan secara otomatis ke posisi semula, dan tidak membuat mekanikal di dalamnya patah atau rusak. 

Retractable bermerek SHM tersebut merupakan 'plug and play' tanpa mengkorbankan komponen lain bawaan mobil. Untuk membuktikan, gerai Karunia Agung Motor mengaplikasikan pemasangan retractable kepada kami.

Pemasangan Kabel Set
- Urutkan kabel dari dalam interior ke bagian pintu dengan melewati selongsong karet spiral sampai terminal  kabel terpasang pada soket elektrik mirror bagian bawah.
- Tancapkan terminal pada lorong soket yang kosong selaraskan warna kabel pada soket bagian atas.
- Pasang switch pada tempat yang tersedia, lalu tancapkan soket hijau pada switch.
- Hubungkan kabel merah dengan ACC (+)
- Hubungkan kabel hitam dengan ground (-)
- Setelah itu hubungkan kabel hijau.

 
Pemasangan Retracable Spion
Untuk memudahkan pemasangan retractable spion merek SHM sudah dilengkapi dengan peranti lain seperti, bracket mount L + R 2 pcs, brame motor dan motor penggerak L + R 2 pcs, Aluminium casting L + R, kabel motor L + R 2 pcs, kabel interior 1 pcs, switch 1 pcs, baut dan ring 6 pcs, dan scotchlock connector 2 pcs.

Pengerjaan awal dimulai dari melepaskan doortrim kanan dan kiri, lalu copot spion kanan dan kiri dengan melepaskan 3 buah mur pengikat, dan soket elektrik spion maupun signlamp. Kemudian, lepaskan jeroan spion seperti cermin serta motor elektrik mirror dan frame motor dari mangkuk spion. Setelah itu, pasang frame motor SHM retrac kit pada mangkuk spion eksisting beserta kabel-kabel retrac motor. Lalu pasang adaptor aluminium yang tersedia dengan memasang 1 buah baut pada lubang.

Gabungkan spion dengan retrac bracket mount dengan memasang dan mengencangkan 3 buah baut yang tersedia di dalam kemasan. Pasang kembali spion yang sudah dirakit ke rangka pintu dan satukan kembali kabel elektrik mirror pada soket 3 terminal. Lalu tambahkan 2 terminal dari retrac motor pada lorong soket yang kosong. Terakhir, pasang kembali cermin spion.




sumber : autobild.co.id 

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.