Thursday, 3 October 2013

Tips dan Trik Hemat BBM Dengan Cara Tepat


Bagaimana kabar nya para pengunjung blog Anzon Toyota Tambun ini ada tips dan trik untuk menghemat BBM sehubungan dengan Kenaikan harga BBM akhir Juni 2013 lalu, tentu kian memberatkan biaya transportasi. Apalagi dengan kondisi kemacetan yang kian parah, bila tak disiasati tentu pemilik kendaraan perlu biaya ekstra untuk perbaikan ekstra.

Cara berkendara memang menjadi kunci utama dalam menghemat BBM. Tapi optimalisasi di kendaraan pun tak kalah penting untuk mereduksi pengeluaran Anda. Hal inilah yang membuat Anda harus lebih bijaksana untuk bisa memulai berkendara dengan cara cermat, hemat dan sekaligus menjaga kondisi mesin mobil tetap terawat.

Banyak hal atau cara yang mudah untuk membantu pembaca memungkinkan bisa melakukan penghematan tersebut tanpa merasa kesulitan. Apa saja itu?


WHEEL ALIGNMENT DAN BALANCING
Sifatnya masih dikategorikan perawatan berkala lantaran perlu dilakoni setiap enam bulan sekali atau sekitar 10.000 km. Apalagi bila Anda sering melewati rute jalan rusak atau berlubang.

Perlu perhatian yang cukup rutin karena pengaturan sudut roda akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Dengsan sudut roda yang kurang temat, maka hambatan gulir ban kian menurun. Kerusakan ban dan komponen roda pun akan mungkin terjadi.

SERVIS BERKALA
Merupakan hal yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan mengingat disinilah berbagai komponen pada mesin mobil dicek serta diperbaiki agar mobil tetap dikondisi primanya dan menjadi efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Lakukanlah penggantian pelumas untuk mengurangi keausan akibat gesekan antar permukaan logam dan suhu panas yang menjadi beban kerja mesin.

Tidak luput dari itu, untuk meningkatkan efektivitas pembakaran berjalan dengan optimal periksalah filter udara mobil Anda agar pasokan udara segar ke ruang pembakaran, tidak tersumbat oleh kotoran.
CEK TEKANANANGIN BAN
Pertahankan kondisi tekanan ban berada di kondisi ideal tidak terlalu randah dan tidak terlalu tinggi. Anda cukup melakukan pengecekan tekanan angin ban minimal seminggu sekali, karena dengan tekanan angin yang rendah menimbulkan beban berlebih pada rotasi roda yang membuat kerja mesin lebih boros.


Selain itu tekanan ban sanagat berpengaruh terhadap faktor keselamatan berkendara. Tekanan ban yang rentan rendah kerap sekali membuat pecah ban, dan untuk tekanan ban yang terlalu over membuat laju mobil kehilangan traksi lantaran daya cengkeram ban mobil berkurang.

PENGGUNAAN AC
Tidak dapat dipungkiri AC merupakan hal yang memegang peranan penting dalam soal kenyamanan dalam kabin. Terlebih apabila Anda sedang berkendara dicuaca panas terik tentunya hal inilah yang membuat kecenderungan ingin memaksimalkan kerja AC yang sudah pasti menambah kerja mesin pula untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Paling tepat sebagai langkah awal adalah usahakanlah parkir mobil anda berada ditempat yang teduh alias tidak terkena terik matahari secara langsung untuk mencegah suasana panas di dalam kabin. Dan usahakanlah kecilkan suhu AC apabila suasana suhu di kabin sudah terasa ideal bagi tubuh Anda.

MEMILIH RUTE JALAN
Munculnya berbagai varian mobil baru disetiap tahunnya tentu membuat makin padat setiap ruas jalan protokol Ibu kota. Sudah pasti hal tersebut sering membuat kita terjebak dikemacetan dan memaksa melambatkan laju mobil sampai diposisi ‘stop and go’ bahkan membuat harus berhenti diwaktu yang cukup lamah, hal inilah yang membuat bahan bakar tebuang percuma.

Mulailah memilih jalan alternatif lain sebagai rute untuk menyiasati keadaan tersebut, dan alangkah lebih baiknya apabila Anda sudah bisa menentukan waktu dimana jam-jam kemacetan terjadi.
MEMANFAATAKAN TEKNOLOGI ECO MODE
Tidak hanya diaktifkan saat memacu kendaraan Anda ini juga adalah salah satu jawaban bila Anda sudah tidak bisa memilih rute alternatif lantaran terjebak ditengah-tengah kemacetan.

Karena disinilah peran teknologi canggih (Green tech) mulai memegang kendali penting dengan mekanisme kerjanya yang secara tidak langsung memerintahkan mesin agar bisa mengkonsumsi bahan bakar se-efesien mungkin.

JANGAN MENGEMUDI DENGAN AGRESIF
Anda cukup mengatur ritme dalam menginjak pedal gas mobil Anda agar laju kecapatan mobil bisa konstan. Karena keterbiasaan menekan gas terlalu dalam menyebabkan tingginya intensitas putaran mesin dan jumlah BBM yang dibakar pun akan menjadi lebih banyak. Agar anda bisa berkendara secara efisiensi Anda cukup menjaga putaran mesin tetap konstan yaitu diangka 2.000-3000 rpm.

MENGGUNAKAN BBM BERKUALITAS
Sudah tentu kualitas ditentukan oleh harga, sangatlah tidak salah apabila Anda mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan BBM dengan oktan yang lebih tinggi.

Selain untuk mengoptimalkan performa agar memperoleh tenaga berlebih pada mesin, BBM dengan kualitas terbaik juga dapat membuat mesin memiliki daya tahan lebih lama lantaran mampu membersihkan ruang bakar bahkan dan mampu mengurangi hambatan gesekan logam pada mesin.

sumber : autobild.co.id
 

2 komentar

Terima kasih ilmu dan informasinya gan.. Sangat bermanfaat.. Salam Blogger.. Ditunggu kunbalnya di A.M.R'S BLOG
dan
BISNIS ONLINE PPC INDONESIA PALING MENGUNTUNGKAN
dan juga

DIBAYAR CUMA MENAMPILKAN IKLAN, TANPA NUNGGU DI KLIK

@abdul majid romadhonisama sama bos,terima kasih bos atas kunjungannya ke blog anzon toyota,sering mampir ke blog anzon toyota ya,salam blogger.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.