Thursday, 3 October 2013

Syarat Toyota Agya LCGC


Produk Low Cost Green Car (LCGC) sedang ramai diperbincangkan. Mengusung tema sebagai mobil murah, masyarakat pun tertarik untuk memilikinya. Namun sebelumnya, sebenarnya bagaimana aturan mengenai LCGC tersebut?
Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, dikatakan bahwa besaran harga jual setinggi-tinginya adalah Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek.
Besaran tersebut merupakan maksimal harga mobil off-the-road, dan belum termasuk harga penyerahan ke konsumen sebelum pajak daerah, Bea Balik Nama (BBN), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Meski begitu, harga akan mengalami penyesuaian jika kendaraan menggunakan teknologi transmisi otomatis dan keselamatan penumpang.
Teknologi keselamatan yang akan mendapat kompensasi toleransi harga diantaranya adalah airbags, Anti-lock Brake System (ABS), dan limited slip differential. Sedangkan untuk transmisi otomatis seperti sistem otomatis dan double clutch.
Untuk penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum 15%, sedangkan penggunaan teknologi keselamatan penumpang maksimum 10%.
Ketentuan juga menetapkan untuk motor bakar cetus api kapasitas isi silinder 980-1.200 cc, dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter, dan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter.
Ketentuan jenis BBM juga harus memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel. Ketentuan teknis lainnya berupa radius putar dan jarak terendah dari permukaan tanah (ground clearance) diatur dalam Petunjuk Teknis Pelaksanaan Permenperin tersebut.
Tak lupa, diatur pula ketentuan penggunaan tambahan merek, model, dan logo yang mencerminkan Indonesia. Berbekal itu semua, barulah APM mengajukan pada pemerintah agar produknya mendapat label sebagal mobil LCGC.
sumber : autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.