Wednesday, 23 October 2013

Hasil Pengujian Toyota New Vios Lengkap



Lebih panjang dan tinggi dari pendahulunya, lekuk tubuh Vios berkesan dinamis. Bisa dilihat dari lampu depan menyipit yang seirama dengan desain gril krom nan kokoh. Desain kisi udara trapezoidal di bumper menyiratkan nuansa kencang. Meski tipe E tanpa foglamp, bumper menyudut menguatkan nuansa tersebut.

Sedikit kontradiktif, desain buritan justru dibuat lebih mewah. Masih dengan lekukan bodi tebal, seperti di pintu bagasi, tapi aplikasi lampu belakang mewah membuatnya tampil lebih dewasa. Melihat desain luarnya, kami sudah merasakan gejala awal waku-doki.

Masuk ke dalam, antusiasme kami semakin membuncah. Desain dasbor cukup menggoda hasrat untuk memandang. Setir bergaya sporty terasa pas ketika digenggam. Sayang, hiasan pola jahitan pada bahan plastik dasbor membuatnya terlihat agak aneh.

Sistem audionya belum se-advanced tipe G yang telah dilengkapi internet. Meski begitu, kualitas suaranya tetap terjaga optimal. Dentuman bass cukup terasa, seperti mengimbangi detak jantung kami yang kian cepat.

Kami melihat, beberapa kekurangan dari Vios lama adalah posisi duduk yang kurang bersahabat dan karakter mesin terlalu agresif di putaran bawah.

Nah, kekurangan pertama berhasil dilenyapkan oleh Toyo­ta. Posisi duduk Vios terasa pas untuk postur tubuh kami. Tersedia pengaturan sudut alas jok yang memudahkan pengemudi mendapatkan posisi duduk ideal. Ditambah bahu jendela cu­kup tinggi, kesan sport terasa kental.

‘Don’t change the winning team’ merupakan slogan Toyota. Implementasinya, mereka tidak mengganti mesin 1NZ-FE yang sudah melegenda itu.

Unit 1.497 cc 4 silinder tetap bertenaga 109 dk. Begitupun transmisinya masih mengandalkan matik 4-speed konvensional. Hanya saja, Toyota melakukan fine-tuning pada ECU, throttle body, injektor BBM, dan torque converter.

Upaya tersebut berhasil meredam karakter mesinnya yang kerap melonjak-lonjak di putaran bawah. Alur tenaga terasa lebih halus tersalurkan. Begitupun saat perpindahan gigi. Entakan saat pergantian gigi tereduksi cukup banyak. Kenyamanan berkendara Vios meningkat drastis. Ia terasa lebih dewasa dan matang.

Memang upaya tersebut bukan tanpa risiko. Respons mesin terasa kurang cekatan. Terbukti, ia butuh waktu hingga 11,66 detik untuk menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam. Sedangkan Vios generasi kedua hanya butuh waktu 10,40 detik.

Positifnya, konsumsi BBM Vios terbilang baik. Ia sanggup mencatat konsumsi BBM 18,8 km/l untuk tol dan 11,8 km/l untuk dalam kota. Lebih baik dari pendahulunya yang berada di 18,5 km/l di tol dan kisaran 10 km/l di dalam kota.

Refinement pada kenyamanan juga dirasakan dengan bertambah empuknya bantingan suspensi. Selain setting suspensi, Toyota menambahkan beberapa penguat pada sasis guna menekan vibrasi. Demikian juga dengan penambahan titik pengelasan yang membuat sasisnya semakin kokoh.

Meski demikian, Vios tidak kehilangan kenikmatan ber­kendara. Ia masih cekatan saat diajak manuver cepat dan mau mengikuti kemauan pengemudi dengan baik. Feedback ban terhadap olah kemudi juga terasa pas. Rasa percaya diri Anda tetap terjaga saat mengajaknya ‘bermain’.

Sampai di sini kami berhasil merasakan waku-doki. Memang, respons mesinnya tidak setajam Vios lawas. Pun tanpa banyak tambahan teknologi terkini yang bisa membuat kita berdecak kagum.

Tapi kami merasa, apa yang disajikan oleh Vios generasi ketiga ini masih mampu mempermainkan emosi pengemudinya.

Toyota Vios 1.5 E A/T
Harga Rp 252 juta
Mesin 1.497 cc 4-silinder
Tenaga maksimum 109 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum 145 Nm/4.200 rpm
Transmisi Otomatis 4-speed/FWD
Dimensi (P x L x T) 4.410 x 1.700 x 1.475 mm
Wheelbase 2.550 mm
Kapasitas tangki/Ban serep 45 liter/Space saver
Ground clearance N/A
Ukuran ban 185/60 R15
Bobot 1.050 kg
PERFORMA
0-100 km/jam 11,66 detik
0-60 km/jam 5,33 detik
60-80 km/jam 3,10 detik*
80-100 km/jam 3,02 detik*
100-120 km/jam 3,43 detik*
RPM @ 100 km/jam 2.500 rpm
Pengereman 100-0 km/jam 46,93 meter
Konsumsi BBM dalam kota/tol 11,8/18,8 km/l
CO idle/4.000 rpm 0/0 %Vol
HC idle/4.000 rpm 8/10 ppmVol
Teknologi - Katup variabel - Throttle by wire - Electronic Power Steering
*=kickdown
FITUR
Airbags/ABS/EBD/BA 2/ada/ada/ada
Kontrol traksi/ESP Tidak/tidak
AC climate control/dualzone/double blower Tidak/tidak/tidak
CD/MP3/DVD player/cup holder Ada/ada/tidak/5
Monitor/USB/Aux-In Tidak/ada/ada
Tombol audio setir/cruise control Tidak/tidak
On-Board Computer/voice command Ada/tidak
Jok elektrik/heater/ECO Mode Tidak/tidak/tidak
Launch control/suspension contro Tidak/tidak
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer Tidak/ada/ada/ada
Setir adjustable reach/rake Tidak/ada
Headlamp projector/auto leveling/HID Tidak/tidak/tidak
Spion/pelipat elektrik/foglamp Ada/ada/tidak
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu Tidak/ada/tidak/tidak
Auto door-lock/sunroof/pelek alloy Ada/tidak/15 inci




sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.