Wednesday, 23 October 2013

Cara Memperbaiki Mika Lampu Toyota Avanza





Lampu depan merupakan garda terdepan dari peranti penerang jalan pada kendaraan. Selain sorot lampu, mika lampu menjadi penting karena fungsinya melindungi bohlam dan reflector lampu mobil.

Karena menjadi pembatas antara panasnya lampu dan lingkungan di luarnya, maka mika lampu sering kali rusak.

Buram, kusam atau menguning, baret, berkabut atau berair merupakan permasalahan yang kerap timbul pada mika lampu. Penyakit itu jelas dapat mengurangi intensitas cahaya yang keluar dari lampu. Buntutnya, daya pandang saat berkendara malam hari menurun dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Untuk mengatasi penyakit seperti itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri. Sebut saja kusam atau buram dan baret. Di pasar tersedia beberapa produk cairan pembersih mika plastik bening untuk lampu depan maupun belakang. Produk pembersih itu diklaim dapat menghilangkan kusam hingga baret halus.

Beberapa produk ada yang menyertakan pad (busa penyeka) untuk meratakan cairan. Prosesnya sama seperti memoles bodi. Bisa menggunakan tangan atau mesin poles. Tapi sebelum proses pembersihan dilakukan, pastikan permukaan mika lampu sudah terbebas dari debu dan kotoran. Di lain sisi, proses ini juga bisa dilakukan salon mobil. Kisaran biayanya Rp 50.000 per lampu.

Perhatikan kualitas sil penutup bohlam Perhatikan kualitas sil perekat mika dan rumah lampu Jangan biarkan karet penutup bohlam kotor


Nah, dengan proses ini, selain untuk mengembalikan kondisi mika lampu, juga dapat mencegah penyakit yang sama muncul lagi dengan memberi lapisan pelindung dalam periode tertentu.

Namun jika kerusakan sudah parah, jelas membutuhkan tangan ahli. Tak lain karena proses membuka mika lampu ini cukup sulit dan rumit untuk memasangnya. Membongkar mika sendiri tanpa memiliki kemampuan khusus justru berpotensi membuatnya makin rusak. Namun jangan khawatir, Anda dapat mencegah timbulnya penyakit tadi.



Pembersihan mika dapat membuat mika menjadi bening kembali
 
Penggunaan Lampu Berdaya Besar
Pabrikan telah menyesuaikan daya lampu yang sesuai dengan material mika lampu. Karenanya kami tidak menganjurkan mengganti lampu dengan watt yang lebih besar., penggunaan lampu dengan watt yang lebih besar dapat membuat mika mudah panas dan memperpendek umur mika.

Perhatikan Kualitas Karet Penutup Bohlam
Karet lampu penutup bohlam, ternyata menjadi pintu masuk bagi debu dan partikel lain yang dapat mengotori rumah lampu. Perhatikan kualitas karet, jika mulai getas atau robek, segera diganti.

Perhatikan Kualitas Sil
Sil yang menempelkan mika dengan lampu cukup mudah untuk dilihat. Tak perlu membongkarnya. Jika sil ada yang bolong, dapat menjadi pintu masuk bagi air menuju rumah lampu. Efeknya tentu saja dapat membuat reflector dan mika rusak.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin
Ini merupakan langkah yang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Dengan menjaga kebersihan ruang mesin dari debu dan kotoran, dapat mencegah kotoran masuk ke rumah lampu.


 




sumber: autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.