Friday, 27 September 2013

Cermat Memilih Pelapis Jok

Banyak pemilik mobil menggunakan pembungkus untuk mempertahankan kondisi dan kebersihan pelapis standar joknya. Gayung bersambut, beberapa showroom mobil baru memberikan bonus pembungkus jok.

Memilih pelapis jok yang tepat membutuhkan beberapa pertimbangan. Terlebih di pasar tersedia banyak pilihan merek, material, maupun style. Materialnya mulai dari kulit, vinyl, dan fabric. Jika ingin penampilan interior semakin menarik,style dan keselarasan pelapis jok juga memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan.




Jangan abaikan kemudahan perawatan, karena tujuan utama pemasangan pelapis ini adalah melindungi jok bawaan pabrik. Sehingga menjadi percuma jika perawatannya justru lebih sulit dari kain jok standar.

Jangan tergiur dengan harga murah. Karena dalam beberapa kasus, kualitas barang bisa dilihat dari harganya. Bila ditawarkan sangat murah, ada kemungkinan material yang digunakan palsu, atau merupakan campuran antara material berkualitas baik dengan yang bermutu di bawahnya.

Selamat memilih.

TIPS MEMILIH

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan ketika memilih pelapis jok mobil.

  • Apapun materialnya, pelapis jok haruslah elastis. Namun meski elastis, pelapis jok berkualitas tak mudah melar. Sehingga tidak rusak, retak, atau sobek dalam waktu relatif pendek.

  • Apapun materialnya, pelapis jok haruslah elastis. Namun meski elastis, pelapis jok berkualitas tak mudah melar. Sehingga tidak rusak, retak, atau sobek dalam waktu relatif pendek.

  • Periksa pula kemampuannya menahan air. Lebih baik Anda memilih material yang tahan air, karena bisa saja terjadi, jok mobil terkena tumpahan minuman.

  • Anda dapat menuangkan air pada beberapa sampel material pelapis jok, dan lihat bagaimana kemampuannya menahan air dalam 1-2 menit. Perhatikan bila ada rembesan air di bawah permukaan.

  • Selaraskan warna pelapis jok dengan color tone interior. Warna terang memang membuat kabin tampak lebih lapang dan cerah, tapi tentu saja lebih mudah kotor. Sedangkan warna gelap membuat kabin tampak elegan, juga mengakibatkan kabin terkesan sempit.

  • Untuk memastikan keaslian pelapis jok, Anda dapat melihat kode merek pada sampel produk. Pastikan juga produk yang Anda pilih memiliki garansi keasliannya.

  • Hati-hati jika jok mobil Anda dilengkapi side airbag. Jangan sampai pemasangan pelapis jok ini menghalangi jalan airbag saat mengembang.


sumber : autobild.co.id

2 komentar

Terima kasih atas tips pembahasan cermat memilih pelapis jok, kalo boleh ulas tentang harganya gan!

@Showroom Mobil Toyota Online
Terima kasih atas kunjungannya gan dan masukan agan akan saya tampung

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.