Friday, 27 September 2013

Atasi Embun Pada Lampu Utama

Kehadiran embun di pagi hari sangat menyejukan dan dinanti-nanti. Tetapi kalau embun hadir di headlamp atau foglamp akibat me­nerjang banjir, tentunya menjadi hal yang menyebalkan.

Kondisi ini akan mengganggu sorot lampu ketika digunakan. Penampilan mobil Anda pun terlihat kurang sedap dipandang.

Selain itu, embun yang dibiarkan terlalu lama di dalam headlamp atau fog­lamp akan menyebabkan kerusakan pada reflektor.

Kalau sudah seperti itu maka Anda perlu meng­ganti headlamp dengan harga yang cukup mahal.

Agar hal ini tidak terjadi, tentu Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Ada beberapa hal yang menjadi sumber masalah, penyebab pertama sealen yang menjadi perekat antara mika dan rumah lampu sudah termakan usia atau getas. Jadi kemungkinan air menyusup masuk kian besar .

Jika ini terjadi, terpaksa rumah lampu harus dibongkar dan direkatkan kembali dengan sealen yang baru. Kalau langkah ini membuat Anda repot, serahkan pekerjaan tersebut ke salon mobil atau spesialis lampu seperti bengkel Syifa Jaya di Jl. H. Mencong No. 9, Ciledug, Tangerang.

Kemungkinan lainnya, air menyusup via sil atau karet di bohlam, baik lampu utama mau pun senja. Apalagi kini produsen mo­bil merancang begitu ba­nyak­nya bohlam dalam satu headlamp. Tidak ada cara lain selain menggantinya.

Begitu pun dengan fog­lamp. Posisinya yang le­bih rendah kian membuat ia rentan terhadap rembesan air, terutama pada kualitas sil dan kondisi lubang hawa. Bila sil tidak terpa­sang sempurna, Anda dapat menggunakan sealen.

Membersihkan Headlamp/foglamp
Kalau headlamp atau foglamp sudah berembun sebaiknya Anda segera membersihkannya. inilah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

1. Sebelum membersihkan embun di headlamp atau fog­lamp, lepas peranti tersebut dari sarangnya beserta soket yang terkait agar memudahkan pengerjaan.
2. Lepas bohlam dari rumahnya, dan gunakan kayu panjang berukuran 20-30 cm, hindari penggunan besi yang dapat merusak reflektor atau mika.
3. Lalu, balut ujung kayu dengan kain atau kain majun dengan cara diikat de­ngan tali atau karet gelang. Alat ini fungsinya untuk menghilangkan embun yang menempel pada mika di headlamp atau foglamp.
4. Untuk menjangkau bagian yang tidak tersentuh, gunakan hair dryer melalui lubang bohlam untuk mengeringkan embun. Patut diperhatikan, suhu panas yang keluar dari hair dryer harus disuaikan dengan cara bertahap menyemburkan udara panas ke dalam headlamp dan foglamp.
5. Lakukan hingga berkali-kali atau manfaatkan AC lantaran ia merupakan udara kering.
6. Setelah didiamkan beberapa saat dan embun tidak kembali hadir, maka proses telah selesai dan Anda dapat memasang headlamp atau foglamp kembali.

PERHATIAN
Banyak kasus air masuk ke headlamp atau foglamp ketika mencuci mobil. Oleh karena itu hindari penyemprotan air ber­tekanan pada bagian kedua peranti tersebut.

Selain itu, jangan menerobos banjir atau genangan air. Karena resiko lebih besar akan menimpa mobil jenis sedan yang posisi lampunya lebih rendah.

Menutup lubang sirkulasi di headlamp atau foglamp pun haram dilakukan. Pasalnya, suhu panas yang tercipta akan sulit keluar dan dapat menyebabkan rusaknya mika atau reflektor di dalamnya. Biasanya mika yang menguning menjadi salah satu ciri overheat pada headlamp.


sumber : autobild.co.id

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.