Friday, 23 August 2013

Perubahan Pada New Kijang Innova



Toyota Murah-PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali memberi penyegaran pada line-up model andalannya. Kali ini model yang mendapat revisi atau penyempurnaan adalah New Kijang Innova. Toyota mengklaim Kijang Innova facelift ini tampil lebih advance, prestigious, dan mengesankan emosional yang lebih tegas berkat desain yang lebih berani dan gagah.

Pun demikian, sejumlah penyegaran yang terjadi pada New Kijang Innova ini justru telah mengundang beberapa hal yang bersifat kontroversial. Untuk mengetahui perubahan apa saja yang terjadi, sekaligus membedakan New Kijang Innova dari generasi yang sebelumnya, berikut ini kami hadirkan ulasan lengkapnya :

Eksterior New Kijang Innova



Secara keseluruhan, eksterior New Kijang Innova sebenarnya tidak mendapat perubahan total alias masih begitu-begitu saja dari jaman dulu banget hingga sekarang. Sekedar informasi, Kijang Innova telah beredar di Indonesia sejak 10 tahun silam, dan jika Anda melihat generasi terdahulu dengan generasi yang paling baru saat ini, rasanya tidak ada perubahan yang benar-benar drastis yang dilakukan oleh Toyota terhadap Kijang Innova.

Perubahan paling mencolok terlihat pada tampang depannya dengan desain gril yang kini ditampilkan dengan bilah lebih besar. Bagi sebagian orang, mungkin tampilan grill besar seperti ini akan membuat Kijang Innova terlihat lebih gagah. Namun bagi sebagian orang lainnya, tampilan grill semacam ini justru bisa menjadi minus dari tampang terbaru mobil sejuta umat tersebut. Pasalnya, desain grill besar yang terdapat pada Kijang Innova facelift ini tidak didukung oleh perombakan paa aspek bodi lainnya. Garis-garis grill sangat tegas, sementara otot di fender-fender masih bergaya kurva lengkung. Alhasil perubahan ini terkesan hanya dibuat setengah-setengah alias tidak total.

Bemper bawah Kijang Innova facelift juga sudah menganut gaya kumis layaknya gaya yang tengah dipakai pada model-model Toyota terbaru. Mungkin pahatan “V” dalam formasi terbalik ini diharapkan bisa sama dengan bentuk yang dimiliki Vios atau Corolla terbaru. Tapi lagi-lagi bemper ini justru terkesan sedikit dipaksakan karena tidak ditunjang dengan tampilan lainnya yang ikut dirubah.

Beberapa tampilan baru lainnya juga terlihat pada foglamp yang dibuat dengan rumah lebih besar serta garis chrome horizontal yang sekarang membentang di sepanjang pintu belakang. Yang perlu digaris bawahi disini, khusus untuk Kijang Innova tipe terendah yakni tipe J tidak mengalami penyegaran apapun di sektor eksterior. Facelift tampilang hanya berlaku untuk tipe di atasnya.

Interior New Kijang Innova


Selain menyegarkan bagian luar, Toyota Astra Motor juga tidak melupakan begitu saja penyegaran di sektor interior New Kijang Innova. Hanya saja penyegaran di sisi kabin memang tidak terlalu signifikan.

Salah satu pengembangan di sektor interior Kijang Innova facelift adalah disematkannya sistem audio model terbaru. Toyota menyebutnya Head Unit Front Face, yang dari segi tampilan maupun fitur dan teknologinya sudah lebih modern dan mengikuti perkembangan saat ini, yakni mengandalkan layar sentuh.



Sistem audio 2 DIN yang diadopsi New Kijang Innova ini memiliki layar sentuh 6 inci yang dapat melayani DVD, CD, MP3, USB/AUX dan WMA Player yang disokong 4 Speeker dan 2 tweeters.

Jika pada Kijang Innova tipe E dan J dibekali dengan head unit Double DIN single disc, maka pada di tipe V diberi fasilitas lebih berupa head unit Double DIN LCD dan roof monitor.

Nah, istimewanya, New Kijang Innova model tertinggi yakni tipe V dibekali jok baris tengah, Captain Seat. Hal ini tak hanya menambah kemewahan, tapi juga kenyamanan penumpang.

Fitur Keselamatan


Jika sebelumnya fitur dual airbags hanya ada di model tertinggi, maka sekarang seluruh varian New Innova telah mengadopsi fitur dual airbags dan seatbelt pretensioner & force limiter (PT/FL). Semua fitur tersebut sengaja dihadirkan Toyota untuk meningkatkan rasa aman penumpang saat berkendara bersama Innova.

Selain itu, Kijang Innova terbaru juga telah dilengkapi dengan struktur bodi Global Outstanding Assessment (GOA) yang diklaim dapat menyalurkan dampak benturan secara baik. Juga ada penahan benturan dari samping, yakni pintu dengan teknologi Side Impact Beam. Serta aplikasi Collapsible Steering Column yang dapat mematahkan batang setir saat terjadi tabrakan frontal.

Tersedianya dual airbags untuk semua tipe tentu saja merupakan hal positif, terutama di sisi keamanan yang akhir-akhir ini menjadi perhatian dari setiap mobil baru yang diluncurkan di Indonesia. Namun yang patut disayangkan, Toyota Astra Motor tak membarenginya dengan pengaplikasian rem ABS yang saat ini hanya diberikan khusus untuk tipe V saja.

Menurut Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, pihaknya selalu melakukan pemilahan dalam menentukan fitur-fitur apa saja yang akan disematkan pada produk barunya. Rem ABS masih dianggap terlalu mahal sehingga Toyota pun melakukan pemilahan, dengan menawarkan hanya pada tipe-tipe tertentu saja, kelengkapan dual airbags dan rem ABS tetap bisa dinikmati konsumen. Pun demikian Johnny tidak menampik jikalau nanti banyak permintaan dari konsumen, maka Toyota akan mengaplikasikan rem ABS di semua tipe Kijang Innova.

Dapur Pacu New Kijang Innova



Perubahan Kijang Innova yang terjadi pada sektor tampilan dan sebagian dari kabin ternyata tidak berlanjut ke sektor mesin. Seperti pendahulunya, New Kijang Innova ditawarkan dengan dua pilihan mesin, antara lain :
Mesin bensin berkode 1TR-FE 4 silinder segaris DOHC dengan kapasitas 2.0 liter. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 136 PS dan torsinya 18.6 kgm, dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Mesin diesel berkode 2KD-FTV 4 silinder segaris DOHC dengan kapasitas 2.5 liter. Mesin ini bisa memproduksi tenaga sebesar 102 PS dan torsinya 26.5 kgm. Juga tersedia dalam dua pilihan transmisi manual 5 speed dan matik 4 speed.

Terkait hal tersebut, Johnny Darmawan selaku Presiden Direktur Toyota Astra Motor mengatakan bahwa mesin berkode TR (bensin) dan KD (diesel) terbilang masih baru, sehingga bukan perkara mudah untuk merombaknya. Selain itu mesin ini juga dirasa masih tangguh, bertenaga dan juga irit BBM.

Harga New Kijang Innova






 Dengan segala penyegaran yang dimilikinya, harga New Kijang Innova mengalami kenaikan untuk masing-masing tipe. Untuk Kijang Innova tipe J, G, dan E bisa mengalami kenaikan hingga Rp 4,7 juta. Sedangkan untuk tipe tertinggi, Kijang Innova V A/T Diesel yang sebelumnya sudah punya airbag hanya mengalami kenaikan harga sebesar Rp 1,8 juta menjadi Rp 316.510.000.

 Berikut ini daftar harga (On the Road Jakarta) berdasarkan masing-masing tipe : New Toyota Kijang 
 Innova


Sebagai produk facelift, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menyediakan pilihan warna bodi yang berbeda dari edisi sebelumnya pada New Kijang Innova. Di edisi keempat dari keluarga Kijang Innova ini terdapat tujuh warna yang bisa dipilih.
Ketujuh warna tersebut diantaranya Super White, Silver Metallic, Silky Gold Mica Metallic, Gray Mica Metallic, Black Mica, Light Blue Mica Metallic dan Dark Steel Mica Metallic. Sementara dua warna baru yang tidak terdapat pada model lawasnya antaral lain yaitu : Gold Mica Metallic dan Light Blue Mica Metallic. Hal tersebut tentu menjadi sebuah penyegaran tersendiri bagi konsumen yang telah bosan dengan warna-warna standar semisal, silver, hitam atau putih.

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.