Thursday, 25 July 2013

Airbag Tak Mengembang, 2 Dari 18 Insiden Kecelakaan Alami Cidera Ringan

Masalah airbag kali ini disebabkan ada cacat pada IC chip di control unit bagian elektrikal kendaraan.
Carmall.com - Lagi-lagi raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp, kembali 'tersandung' masalah penarikan massal kendaraan dari peredaran (recall). Sama seperti peristiwa-peristiwa sebelumnya, kali ini penarikan beberapa line-up Toyota melibatkan jumlah jutaan unit mobil. Beberapa situs otomotif melansir, sebanyak 1,3 juta unit kendaraannya di seluruh dunia akan ditarik.

Toyota Corolla dan Corolla Matrix tahun pembuatan 2003-2004, yang beredar di Amerika Serikat (AS) diklaim mengalami masalah pada kantong udara (airbag). Tak tanggung-tanggung, sedikitnya 752 ribu unit kedua varian itu harus dilakukan perbaikan. Selain di AS, Toyota juga menarik Corolla dan Corolla Matrix di wilayah Jepang, Kanada dan Meksiko

Masalah airbag kali ini disebabkan ada cacat pada IC chip di control unit bagian elektrikal kendaraan. Akibatnya, airbag pada mobil tidak bisa berfungsi saat terjadi kecelakaan. Kasus airbag yang tidak mengembang ini sudah menyebabkan adanya cedera ringan pada 18 insiden. Dua kecelakaan dilaporkan konsumen Toyota di luar Jepang, hanya pihak Toyota sendiri belum mengkonfirmasi masalah ini. Demikian dilansir Autoblog dan Reuters, Minggu (3/2).

Dalam proses perbaikan, Toyota akan menambahkan penyaring sinyal elektrik pada modul kontrol airbag. Pengerjaannya diprediksi tidak akan lebih dari satu jam. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai berapa besar biaya perbaikan tersebut.

Selain itu,Toyota juga akan menarik 385 ribu unit Lexus IS Series, termasuk 270 ribu unit Lexus IS tahun pembuatan 2006-2012 yang berpopulasi di Amerika Serikat. Ditemukan adanya masalah pada wiper mobil.

Lengan wiper tidak terlalu kuat sehingga menyebabkan kinerjanya melemah di cuaca tertentu termasuk saat kondisi salju. Perbaikan dilakukan dengan mengganti baut pada wiper Lexus IS tersebut. (Putri)

Terima Kasih Atas Kunjungan nya ke Blog Anzon Toyota Tambun silahkan isi komentar anda.